Beranda Metropolis Kesehatan Awak Angkutan Diperiksa

Kesehatan Awak Angkutan Diperiksa

BOGOR–Pengawasan terhadap sopir angkutan umum dan bus menjelang libur Natal dan tahun baru makin intensif dilakukan. Kemarin (15/12) giliran Terminal Baranangsiang yang disasar tim Polresta Bogor Kota.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, pengawasan dilakukan secara menyeluruh. Baik itu kesehatan sopir angkutan maupun kelayakan bus yang akan melayani penumpang. “Pemeriksaan kesehatan sopir bus sangat penting untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan penumpang,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Pada pemeriksaan itu, petugas juga memeriksa urine para awak bus, untuk mengantisipasi adanya penggunaan narkoba. Setelah itu, para awak angkutan umum diberi kesempatan menyampaikan keluhan tentang kesehatan tubuhnya.

Mereka akan mendapatkan feedback dari petugas sehingga tahu cara menjaga daya tahan tubuh menjalankan angkutan. ’’Kami juga membagikan vitamin kepada sopir setelah melakukan pemeriksaan. Gunanya untuk meningkatkan imun,’’ jelas Ulung.

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga memeriksa kesiapan angkutan mudik terutama bus besar sesuai kelaikan keselamatan. Pemeriksaan itu meliputi beberapa kelengkapan kendaraan.

Antara lain, lampu headlamp, sein, wiper, dan kedalaman alur ban. “Pengemudi juga harus memperhatikan keselamatan diri maupun penumpang. Jangan sampai nyetirnya ugal-ugalan. Rambu-rambu dan marka juga harus diperhatikan,” tegasnya.(cr2/c)