Beranda Bogor Raya Besok, Trans Patriot Beroperasi

Besok, Trans Patriot Beroperasi

CIBUBUR–Trans Patriot akan diluncurkan Pemkot Bekasi melalui Dinas Perhubungan Kota Bekasi pada Minggu (17/12). Demikian hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi Deded Kusmayadi.

Saat ini, Pemkot Beaksi tengah merancang sistem menuju transportasi Kota Bekasi berkelanjutan. Upaya ini dilakukan untuk mengatasi persoalan kemacetan yang masih menjadi ’PR’ Pemkot Bekasi.

Dirinya menjelaskan, akan ada dua trayek yang dilintasi Trans Patriot saat beroperasi. Pertama, Harapan Indah-Terminal Bekasi dan Pondok Gede-Terminal Bekasi. Seluruh trayek tersebut akan bermuara ke Terminal Induk Kota Bekasi.

universitas nusa bangsa unb

”Akan ada 19 shelter Trans Patriot yang saat ini masih dalam tahap pekerjaan, sudah ada beberapa shelter yang terbentuk seperti di Jalan Ahmad Yani,” kata Deded.

Dia menyatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan minat masyarakat menggunakan angkutan perkotaan, seperti kenyamanan dan keamanan. ”Kenyamanan itu soal kebersihan angkutan, keamanan dari tindak kejahatan dan yang paling krusial adalah ketepatan waktu. Soal waktu, masyarakat Indonesia menganggap itu adalah hal penting. Makanya banyak kalangan masyarakat yang beralih ke kendaraan pribadi dan transportasi modern dalam jaringan,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB), Harun Al Rasyid mengatakan, Trans Patriot akan diintegrasikan ke transportasi umum yang lebih luas.

”Nanti dalam pembayarannya terkoneksi langsung ke MRT (mass rapid transit) dan LRT (light rail transit). Jadi, sistem pembayarannya pakai kartu semacam e-Money, tetapi ini jangka ke depan. Sementara, kita pakai tiket. Untuk awal, pembayaran kajian baru Rp5-6 ribu, kita subsidi 50 persen atau dengan membayar Rp3.500,” paparnya.

Harun mengatakan, kehadiran Trans Patriot tidak serta-merta akan membunuh penghasilan sopir angkot. Karena, nantinya melalui Dinas Perhubungan, paguyuban sopir angkot akan dilibatkan sebagai vidger Trans Patriot.

”Mereka akan mendapatkan pembinaan sehingga nanti tidak ada gesekan di lapangan antara sopir angkot dan Trans Patriot. Trans Patriot sendiri nanti akan menginduk ke salah satu BUMD Kota Bekasi, yakni Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP),” imbuhnya.(neo)