25 radar bogor

Arif-Gogod Siap Majukan Himpunan Alumni

KOMPAK: Arif Budimanta dan Gogod Dirgo Tujuanto siap majukan HA IPB.

BOGOR–Penguatan wadah alumni menjadi salah satu fokus visi dan misi pasangan calon ketua dan sekjen Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Budimanta dan Gogod Dirgo Tujuanto. Arif-Gogod percaya dengan memperkuat solidaritas, maka seluruh potensi alumni bisa diberdayakan maksimal.

Ke depannya, HA IPB harus menjadi wadah kolektivitas, kreativitas, serta solidaritas. “Kami tuangkan ke dalam slogan ABM-GDT. Selain berarti akronim nama kami, ABM-GDT merupakan representasi dari visi yang kami usung. Yakni accomodating, bridging, matching, giving, doing, dan together,” tutur Arif.

Arif mengatakan, accomo­dating berarti menghimpun dan mempersatukan segenap potensi alumni IPB. Dia menilai, HA IPB memiliki potensi yang sangat besar, karena terdiri atas kumpulan orang-orang berkompeten di bidangnya. “Maka dari itu, ke depan kami ingin menyatukan semuanya.

Bergerak, bertindak, dan berkarya bersama-sama demi mewujudkan HA IPB yang lebih baik lagi,” beber pria yang juga wakil ketua Komite Ekonomi dan Industri (KEIN) tersebut.

Adapun, bridging dan matching memiliki makna menjembatani, sekaligus mendorong peran maupun kontribusi aktif para alumni. Arif sadar, menggerakkan para alumni dalam satu visi bukan perkara enteng. Dibutuhkan kesadaran kolektif untuk mewujudkannya. Baik itu sesama alumni maupun organisasi kealumnian IPB.

“Cara seperti apa, itu yang kami sebut dengan doing dan giving. Bagaimana membangun solidaritas dengan love, care, dan empower. Termasuk di dalamnya menggagas program kreativitas yang produktif bagi alumni,” beber pria bermurah senyum itu.

Hal senada diutarakan Gogod. Dia mengatakan, salah satu misi yang dibawanya adalah mendorong lahirnya alumni IPB yang berkarakter sesuai dengan jati diri IPB. Yakni, kepeloporan, mandiri, kerakyatan, dan berjiwa sosiotechnopreneur. “Sehingga nantinya diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan bangsa sesuai dengan bidangnya,” jelas dia.

“Di sinilah letak krusial poin visi kami, yakni together. Senantiasa mengedepankan kebersamaan dan keguyuban dalam ikatan solidaritas dan keluarga besar IPB,” tutup Gogod.

Seperti diketahui, Munas ke-5 HA IPB akan digelar besok (17/12) di IPB Convention Center, Kota Bogor. Selain Arif-Gogod, ada tiga pasangan lain yang ikut bertarung memperebutkan posisi Ketua dan Sekjen HA IPB periode 2017-2021.(ind/*)