Beranda Bogor Raya Puluhan Hektare Disemprot Massal

Puluhan Hektare Disemprot Massal

CEGAH WERENG: Petugas dan petani menyemprotkan pestisida (Azis/Radar Bogor)

CARIU-Antisipasi penyebaran hama wereng terus diupayakan Pemerintah Kabupaten Bogor. Kemarin (14/12), ada 25 hektare sawah di Desa Pasirtanjung yang disemprot obat pembasmi hama secara massal.

Kepada Radar Bogor, Kepala UPT PTPH Kecamatan Cariu, Tatang Mulyadi menerangkan, hama wereng sudah menjalar ke tanaman padi baru tanam. Meskipun begitu, tingkat kerawanannya masih rendah. “Umumnya, hama menyerang tanaman umur 1 bulan, karenanya bisa langsung kami antisipasi,” ucap Tatang.

Ia menerangkan, sebanyak 30 petani dari delapan kelompok tani diberikan obat hama gratis, bantuan pemerintah. Selain itu, para petani juga diedukasi cara tepat mengatasi hama wereng dengan obat. “Dengan adanya bantuan obat hama serta pembekalan skill penggunaan obat yang tepat, penyebaran hama bisa dikendalikan, bahkan dihentikan sejak dini,” tuturnya.

universitas nusa bangsa unb

Dengan demikian, gejala penyerangan hama dapat diantisipasi sedini mungkin. Otomatis, produktivitas tanaman akan semakin meningkat. “Jika ancaman hama dapat diatasi, produktivitas bisa meningkat,” kata dia.

Lebih lanjut ia menerangkan, bersama dengan petugas pengamat organisme pengganggu tanaman (POPT) akan tetap waspada terhadap serangan hama. Pihaknya pun membuka forum aduan via WhatsApp di tiap desa. “Jika ada kaitan, kami akan langsung turun,” kata dia.(azi/c)