Beranda Berita Utama 50 Persen Bus Tidak Laik Jalan

50 Persen Bus Tidak Laik Jalan

JAKARTA– Libur Natal dan Tahun Baru membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan ramp check terhadap angkutan umum. Hasilnya mengejutkan, dari 14 ribu bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan pariwisata yang dilakukan ramp check atau pemeriksaan kelayakan jalan, hanya 50 persen yang laik jalan.

Sesuai data Kemenhub, dari 14 November hingga 20 Desember dilakukan ramp check di 58 terminal dan pool bus. Total jumlah bus yang diperiksa mencapai 14 ribu angkutan yang terdiri atas 12 ribu bus AKAP dan 2 ribu bus pariwisata. Dengan hasil hanya 50 persen bus yang laik jalan, artinya ada sekitar tujuh ribu bus yang tidak laik jalan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, liburan Natal dan tahun baru yang sebentar lagi tiba membuat berbagai persiapan harus dilakukan. salah satunya, dengan ramp check yang dilakukan secara random atau acak. ”Hanya 50 persen angkutan bus yang sehat, “ paparnya.

universitas nusa bangsa unb

Temuan itu membuat kondisi menjadi berbahaya saat libur Natal dan tahun baru. Maka, Kemenhub dan Polri akan bekerja sama untuk melakukan razia angkutan umum. ”Kita cegah angkutan umum yang tidak layak ini,” ungkapnya.

Namun, karena waktunya yang terbatas, akan sulit untuk bisa memeriksa semua angkutan. ”Untuk operator juga diimbau agar tidak mengoperasikan kendaraannya yang tidak sehat. Kami akan suruh pulang kendaraannya kalau ditemukan tidak sehat,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk di jalan tol itu memang biasanya rest area menjadi titik kemacetan. Hal tersebut terjadi karena jumlah pengemudi yang masuk rest area melebihi kapasitas.

Antisipasi yang dilakukan dengan menambah jumlah rest area. ”Kalau rest area sudah ditutup, tentu pengemudi diharapkan jangan ke sana. Cari rest area lain,” imbaunya.(idr/tau/agf)