Beranda Metropolis Tari Dadali Tarung Jadi Ikon SMPN 5 Bogor

Tari Dadali Tarung Jadi Ikon SMPN 5 Bogor

JADI IKON: Para penari Dadali Tarung dari SMPN 5 Bogor bersiap-siap unjuk kebolehan.

BOGOR–SMPN 5 Bogor, tampak­nya, menjadi sekolah pertama di Kota Hujan yang memelopori tari tradisional sebagai ikon sekolahnya. Itu ditandai dengan peluncuran Ikon Tari Dadali Tarung di SMPN 5 Bogor, Jalan Dadali, Tanahsareal, kemarin (13/12).

Pencipta tarian Dadali Tarung Irwan Fitriawan menuturkan, tari Dadali Tarung mempunyai makna semangat heroik dan perjuangan bangsa Indonesia memperoleh kemerdekaan dari kaum penjajah. Tari ini merupakan karya ciptaannya yang dibantu tata musik dari Wendi Jiad Permana, dan tata busana Budiman Hidayat Somantri. “Para penarinya adalah siswa SMPN 5 Bogor yang tergabung dalam ekskul tari,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Dia menjelaskan, pemilihan tari Dadali Tarung sebagai ikon SMPN 5 Kota Bogor merupakan keinginan dari sekolah dan komite. Mereka menginginkan mempunyai suatu tarian yang menjadi ikon atau ciri khas sekolah.

Berangkat dari itu, dia pun memutar otak menciptakan tari Dadali Tarung yang namanya diambil dari nama jalan sekolah itu berada. “Selain dari nama jalan, Dadali juga merupakan sejenis burung satwa endemik dan langka di Indonesia. Dikenal oleh masyarakat Sunda yang hidup dan berkembang di Gunung Pangrango Bogor,” jelasnya.(pkl1/cr1/c)