Beranda Bogor Raya Bangun Pagar Halau Sampah

Bangun Pagar Halau Sampah


JAGA SUNGAI : Anggota Polsek Ciawi dan Koramil 2122 Ciawi melakukan pemasangan pagar kayu di pinggir Jalan Veteran II, Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi untuk menghalau warga buang sampah sembarangan, kemarin. (Dhoni/Radar Bogor)

CIAWI–Polsek Ciawi dan Koramil 2122 Ciawi menyoroti persoalan sampah liar yang kian kronis. Selain menutup total lokasi pembuangan, warga yang tertangkap tangan juga bakal ditegur.

Komitmen tersebut dicetuskan dalam penutupan tempat pembuangan sampah liar. Untuk mencegahnya, lokasi yang berada di tepi sungai ini dipasangi pagar kayu setinggi dua meter.

Kapolsek Ciawi Kompol Muhtarom mengatakan, persoalan sampah perlu menjadi perhatian bersama. Sebab, jika tidak akan memberi dampak negatif yang luar biasa pada alam. Salah satu contoh berada di Jalan Veteran III.

universitas pakuan unpak

Berdasarkan informasi dari warga, lokasi ini sulit diatasi pengangkut UPT Kebersihan Ciawi. Meski pernah berulang kali ditutup, sampah tak kunjung selesai ditangani. Sebelum diangkut, sampah menumpuk hingga dua meter sehingga menutupi sungai. ”Jadi, bukan sembarang sampah. Ada kursi, sofa, kasur dan lainnya. Dampaknya banjir ke mana-mana,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (13/12).

Sementara itu, Danramil Ciawi Mayor Iim Abdul Muksit menyampaikan, kegiatan ini merupakan sinergitas antara TNI dengan Polri. Sekaligus memperingati Hari Juang Kartika Peduli Lingkungan. ”Persoalan sampah harus ada solusi. Dibuatkan tempatnya dan dikoordinasikan oleh dinas terkait,” ungkapnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Banjarsari, Chaidir merasa turut terbantu. Pasalnya, selama ini selalu kesulitan membenahi sampah. ”Masih ada yang buang sampah, tapi itu bukan warga kami. Makanya sepakat akan mengawasi tempat itu,” tukasnya.(don/c)