Beranda Politik Sosialisasi lewat Cerdas Cermat

Sosialisasi lewat Cerdas Cermat

CERDAS CERMAT: Pemenang lomba cerdas cermat kepemiluan tingkat SMA mengupas tentang pemahaman siswa tentang proses hajat demokrasi. Ajang garapan KPU ini diharapkan mampu menjaring niat pemilih pemula menggunakan hak suara.Dede/Radar Bogor

BOGOR-Upaya menarik minat pemilih pemula gencar dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor. Kemarin (12/12), KPU menyo­siali­sasikan rangkaian pemilu daerah dan umum kepada pelajar SMA/SMK/MA melalui ajang cerdas cermat serentak.

”Selain untuk meningkat­kan partisipatif, lomba cerdas cermat juga dilaku­kan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa dalam hal kepemiluan,’’ ujar Komisio­ner KPU Kabupaten Bogor Mustaqim.

Dia berharap, ajang cer­das cermat dapat me­rang­­sang pemilih pemula agar tingkat partisipasi pemilu di Bumi Tegar Beri­man meningkat. Kali ini, kata Mustaqim, lomba cer­das cermat tentang pemilu dilakukan di lima wilayah di Kabupaten Bogor.

universitas pakuan unpak

”Total peserta ada dari 40 ke­ca­matan. Nanti terbagi sesuai Grup A dan B. Juara antar-grup akan maju ke babak semifinal pada 14 De­sember di aula KPU Kabu­paten Bogor,’’ kata dia.

Mustaqim menambahkan, di semifinal nanti, ada 10 perwakilan sekolah. Tim pendukung yang turut hadir diwajibkan menyiap­kan yel-yel penyemangat. ”Biar tambah seru lom­ba­nya,’’ ucapnya. Mustaqim juga memberikan tip bagi para peserta.

Untuk bisa menjadi peme­nang, mereka harus menda­la­mi penge­tahuan umum tentang kepemiluan.

”Mudah-mudahan bisa me­rangsang pemilih pe­mula untuk ikut me­nggu­nakan hak suaran­ya. Di Kabu­paten Bogor tahun ini ada 200 ribu pemilih pemula dan setiap tahun terus bertambah,’’ tukasnya.(ded/c)