Beranda Ekonomi Pelindo II Ekspansi Bisnis Investasi

Pelindo II Ekspansi Bisnis Investasi

JAKARTA– PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC memperbesar portofolio bisnis mereka dengan meluncurkan anak perusahaan di bidang investasi bernama PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII). Perusahaan investasi pertama di Indonesia yang fokus pada bisnis kepelabuhan itu membidik dana kelolaan sebanyak Rp21 triliun pada 2021.

Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya mengatakan, saat ini PII sudah mengelola dana sebesar Rp1,5 triliun. ”Itu dana internal berupa pinjaman pemegang saham. Ke depan, PII bakal menggalang dana lewat beragam jalur, mulai pinjaman perbankan hingga penerbitan surat utang,” ujarnya. PII merupakan anak usaha IPC ke-17 yang didirikan dengan modal disetor Rp200 miliar.

Saham PII dimiliki Pelindo II sebanyak 99 persen dan 1 persen dipegang PT Multi Terminal Indonesia yang juga anak usaha Pelindo II. ”Adanya PII akan membuat pe­ngembangan bisnis Pelindo II tumbuh secara anorganik atau pertumbuhan bisnis lewat anak usaha. Dari sisi investasi, PII akan masuk ke sektor pelabuhan, pembangunan pelabuhan, atau sinergi di sektor logistik,” imbuhnya. Saat ini PII membidik penyertaan modal ke sejumlah perusahaan dengan porsi minoritas.

universitas ibn khaldun bogor uika

”Kami tengah dalam proses kajian dan sudah mengantongi 10 perusahaan yang menjadi target akuisisi. Dalam hal ini, kami turut serta dalam mendanai investasi peralatan pelabuhan,” terang Evelyn.(vir/c17/sof)