Beranda Olahraga All Sport Lawan Berat

Lawan Berat

Unai Emery dan Zinadine Zidane

NYON–Drawing babak 16 besar Liga Champions 2017 selesai dilakukan. Selain Liga Champions, undian juga dilakukan untuk babak 32 besar Liga Eropa.

Dari hasil undian, Senin (11/12) malam waktu setempat, beberap tim buangan akan menghadapi lawan sulit. Seperti Borussia Dortmund, Atletico Madrid, Celtic FC, RB Leipzig, hingga Napoli meladeni tim kuat.

Dortmund harus menghadapi tim kuda hitam asal Italia, Atalanta. Bagi Atalanta, ini menjadi partisipasi pertama di kompetisi antarklub Eropa sejak mencapai babak perempat final Piala UEFA pada 1991-1992. Meski begitu, penampilan Atalanta di fase grup terbilang cukup impresif.

universitas ibn khaldun bogor uika

Duel menarik lain adalah antara Napoli melawan RB Leipzig. Kedua tim sama-sama buangan dari Liga Champions karena hanya menempati peringkat ketiga di fase grup. Bagi kedua tim, ini menjadi pertemuan perdana, pun menjadi debut Leipzig di babak 32 besar Liga Europa.

Selain itu, duel yang paling ditunggu-tunggu di babak 16 besar Liga Champions, adalah Paris Saint-Germain kontra Real Madrid. Dua raksasa Eropa ini akan saling ’hajar’ untuk lolos ke babak delapan besar, Rabu, 14 Februari 2018.

Di atas kertas, Real Madrid masih diunggulkan. Mereka baru saja meraih kemenangan besar 5-0 saat menjamu Sevilla. Dalam duel ini, Cristiano Ronaldo kembali membuat rekor sebagai pemain pertama yang sukses mencetak 50 gol dalam satu tahun kalender selama tujuh tahun berturut-turut.

Meski begitu, Pelatih PSG Unai Emery tak gentar dengan nama Real Madrid. ”Saya percaya kami bisa bersaing dengan Real Madrid. Untuk menjadi besar di Liga Champions, timmu harus mengalahkan tim terbaik,” tutur pelatih PSG Unai Emery seperti dilansir situs resmi UEFA.

Real Madrid bukan tim asing bagi pria kelahiran Hondarribia, Spanyol, tersebut. Dalam kariernya di Spanyol saat bersama Valencia maupun Sevilla, Emery sudah 20 kali berjumpa Real. Tapi, tim asuhan pria 46 tahun itu sering jadi pecundang. Emery hanya lima kali menang plus satu imbang. Sisanya, 14 kali pertemuan, dia kalah.

Emery memang ingin balas dendam. Musim lalu, pada musim perdananya di PSG, reputasinya membawa Sevilla hat-trick kampiun Europa League luluh lantak di depan Barcelona.

Pendukung Les Parisiens belum lupa dengan kegagalan tragis di 16 Besar Liga Champions musim lalu itu. Menang telak 4-0 pada pertemuan pertama di Parc des Princes, PSG kemudian dihajar Barca 1-6 di Camp Nou pada pertemuan kedua.

Sementara, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane mengatakan, timnya ingin menambahkan trofi Liga Champions di lemarinya. “Tidak akan mudah dan tahun lalu kami mengalami banyak masalah sebelum berhasil menang,” kata Zidane seperti dikutip Goal.

“Ini adalah kalender dan siapa pun yang kita hadapi, kita perlu melihat apa yang harus kita lakukan dengan baik,” tandasnya,(dkw/jpg/goal)