Beranda Politik Kecam Trump, Uu Turun ke Jalan

Kecam Trump, Uu Turun ke Jalan

TASIKMALAYA-Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum mengecam pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Kemarin (12/12), bakal calon wakil gubernur Jawa Barat ini ikut bersama umat Islam di Tasikmalaya menggelar aksi simpatik untuk Palestina.

”Saya yakin ini hati nurani masyarakat Tasikmalaya atas keprihatinan terhadap warga Palestina. Dengan congkaknya, negara adidaya ini sudah lukai masyarakat Islam dunia. Kami berdoa mudah-mudahan umat Islam di Palestina diberi kemenangan dan ketabahan,” ujar Uu.

Kepada pewarta, Uu mengusulkan agar Indonesia mengirimkan nota protes dan meninjau ulang hubungan diplomatik bila Amerika Serikat (AS) tidak mengubah sikapnya. Selain itu, dia meminta pemerintah untuk mengambil langkah nyata.

”Misalnya, membuat Kedutaan Besar Indonesia untuk Palestina di Yerusalem, tidak hanya kantor konsulat di ramallah Palestina,’’ kata dia.

Sekadar informasi, umat muslim di Tasikmalaya menggelar aksi simpatik untuk Palestina. Mereka mengecam penetapan Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh Presiden AS Donald Trump.(ded/c)