Beranda Politik Demokrat Minta Penambahan Dapil

Demokrat Minta Penambahan Dapil

BOGOR-Isu pembagian daerah pemilihan (dapil) di Kota Bogor kembali digulirkan sejumlah partai politik jelang Pileg 2019. Kali ini ”pencetusnya’’ Partai Demokrat.

Ketua DPC Demokrat Kota Bogor Usmar Hariman me­ngajak seluruh partai yang ada di Kota Hujan untuk mendukung KPU melakukan kajian dan penilaian ulang atas simulasi pembagian dapil timur dan tengah.

”Ada dua opsi, memper­tahankan dengan masing-masing 10 kursi atau me­ngambil opsi kedua dapil di keca­matan timur dan keca­matan tengah dipisah,’’ ujar­nya kepada Radar Bogor, kemarin (12/12).

Untuk memenuhi pemba­gian itu, kata Usmar, ada tu­juh syarat pemenuhan se­buah wilayah untuk men­jadi dapil. Di antaranya, sya­rat pemerataan hingga jumlah penduduk termasuk integritas. ”Tapi untuk menjadi syarat, tidak semua harus terpenuhi,’’ imbuhnya.

Berdasarkan kajian Partai Demokrat, pembagian dapil timur-tengah sudah memenuhi persyaratan. Setelah diverifikasi, jumlah penduduk kawasan timur dan tengah mendekati suara dapil Tanah Sareal. ”Kalau begitu, ya, cukup,’’ ujarnya.(ded/c)