25 radar bogor

Ngebet Ingin Dinaturalisasi

Marc Klok (Instagram/marcklok)
Marc Klok (Instagram/marcklok)

MAKASSAR–Gelandang milik PSM Makassar asal Belanda, Marc Klok, terang-terangan mengaku bahwa dirinya berharap bisa mendapat status sebagai warga negara Indonesia (WNI). Hal tersebut tak lepas dari keinginan Klok membela timnas Indonesia.

Setelah menjalani musim pertama di Indonesia bersama Juku Eja, mantan pemain Dundee FC itu pun merasa kerasan. Klok sendiri mencatatkan 28 penampilan pada Liga 1 2017 lalu, dengan empat gol ia catatkan untuk PSM.

“Sepak bola berjalan lancar, saya juga terpilih masuk ke dalam susunan tim terbaik. Saya juga sudah meminta untuk membela timnas Indonesia. Saya menanti hal tersebut,” kata Klok dalam wawancaranya kepada Elf Voetbal.

Pemain kelahiran Amsterdam, 24 tahun lalu itu, juga merasa proses naturalisasinya tak akan sulit. Naturalisasi sendiri bukan hal baru di Indonesia, terakhir Ilija Spasojevic yang mengubah status paspornya dari Montenegro menjadi WNI.

“Saya sekarang mungkin saja mendapatkan paspor Indonesia melalui percepatan naturalisasi (jalur khusus). Saya sudah menyerah untuk Orange (timnas Belanda), ini adalah kesempatan bagus untuk saya kembali diperhitungkan,” urai Klok.

“Sepertinya, Anda tidak butuh keluarga (di Indonesia) untuk bisa mendapatkan paspor. Mereka tidak menjalankannya sesuai dengan aturan, bahkan dengan cara berbeda. Ini lebih kepada bahwa Indonesia menerima Anda,” pungkas eks Oldham Athletic itu. (rur/fft)