25 radar bogor

SMPIT Birrul Walidain Kumpulkan Dana dari Sampah Plastik

KREATIF: SMPIT Birrul Wali­dain memanfaatkan sampah plastik menjadi uang.
KREATIF: SMPIT Birrul Wali­dain memanfaatkan sampah plastik menjadi uang.

BOGOR–SMPIT Birrul Wali­dain mengajarkan siswanya mandiri dan kreatif. Seperti dilakukan pengurus OSIS dengan mengumpulkan dana untuk mem­biayai kegiatan dan dijadikan program kerja. Seperti menjual sampah botol plastik.

Kepala Sekolah SMPIT Birrul Wali­dain Ida Syaidah men­jelaskan, sampah botol plastik dikumpulkan tiap kelas dalam karung. Jika sudah terkumpul, mereka wajib menye­torkannya kepada pengurus OSIS.

Selain itu, pengurus OSIS juga membuat kantong gorengan dari kertas bekas dan menjual baju bekas layak pakai dari siswa yang akan dijual pada kegiatan Market Day Birrul Walidain.
”Mereka bahkan menjual kue yang modalnya diberikan sekolah untuk pengurus OSIS dan dijual ke kantin sekolah,” jelas Ida.

Setiap bulan guru yang men­jadi pembina OSIS memantau keuangan. Mulai dari hasil penjualan, infak dari guru, dan 20 persen dari hasilnya dibagikan untuk anak yatim.

Dari program ini, Ida berharap, siswa dapat belajar bertanggung jawab. Sebab, mereka akan mem­pertanggungjawabkan program kerja yang mereka susun. ”Ini juga pembelajaran agar pengu­rus OSIS lebih mandiri dan kreatif mengem­bangkan usaha lain yang sederhana tapi meng­hasilkan,” tukasnya.(cr1/c)