25 radar bogor

Bantuan Pangan Nontunai Disalurkan Bertahap

AMBIL BANTUAN: Warga mengambil bantuan pangan nontunai di kantor Kelurahan Pasirjaya, kemarin (6/12).
AMBIL BANTUAN: Warga mengambil bantuan pangan nontunai di kantor Kelurahan Pasirjaya, kemarin (6/12).

BOGOR–Ratusan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, melakukan pengambilan bantuan pangan nontunai (BPNT) kemarin (6/12). Sejak pukul 08.00 WIB pagi warga terlihat sudah mengantre di gedung serbaguna untuk mengambil paket yang masing-masingnya berisi 15 kg beras, 2 liter minyak goreng, dan 1 kg gula pasir.

Kasi Kemasyarakatan Kelurahan Menteng Ayi S mengatakan, penyaluran BPNT ini merupakan tahap ketiga. BPNT akan disalurkan kepada 269 KPM. Penyalurannya melalui dua agen dan dipusatkan di gedung serbaguna. “Penerima KPM di Kelurahan Menteng seluruhnya berjumlah 378. Sekitar 75 di antaranya tidak mengambil karena ada yang sudah meninggal dan pindah alamat, tetapi ada juga yang kartunya ditarik,” ungkapnya.

Setelah tahap ketiga selesai dilaksanakan, pada bulan ini juga akan disalurkan tahap berikutnya. Artinya, pada Desember 2017 warga penerima akan menerima BPNT sebanyak tiga kali.

Di tempat terpisah, penyaluran BPNT juga dilakukan di Kelurahan Pasirjaya. Bedanya, tidak terlihat adanya antrean ataupun desak-desakan warga seperti saat pembagian. Hal ini, selain lebih mempermudah petugas dalam pendistribusian, juga membuat warga lebih nyaman.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pasirjaya, Erwin mengatakan, penyaluran dilakukan selama dua hari. Hari pertama, Selasa  (5/12), penyaluran dikhususkan warga RW 01-08. Sedangkan hari kedua, kemarin (6/12), penyaluran diperuntukkan warga RW 09-15. “Cara seperti ini terbukti sangat efektif karena tidak menyebabkan antrean panjang dan desak-desakan warga,” kata Erwin.

Dia menerangkan, cara seperti itu akan dilakukan pada penyaluran tahap berikutnya, yakni tahap 4, 5 dan 6 pada Desember ini. Artinya, 683 KPM di Pasirjaya akan menerima tiga kali penyaluran BPNT. “Mudah-mudahan BPNT ini akan sangat bermanfaat bagi warga penerima dan penyalurannya pun berjalan aman, nyaman, tertib dan teratur,” pungkasnya.(ran/*)