25 radar bogor

Prestasi Siswa SMAN 2 Bogor di Lomba Musikalisasi Puisi

SUKA MUSIK: Mufaqqih dan pialanya.
SUKA MUSIK: Mufaqqih dan pialanya.

Siswa SMAN 2 Bogor unjuk diri dalam lomba musikalisasi puisi yang diselenggarakan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) wilayah Bogor. Tak sia-sia, mereka meraih juara satu dalam lomba musikalisasi puisi yang diumumkan 21 Oktober lalu di Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Oleh :
Ismiatunnisa Utami

Acara ini bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Bogor dan Dinas Pendidikan Kota Bogor. Tim musikalisasi puisi yang dikirimkan SMAN 2 Bogor terdiri dari siswa kelas 10 dan 11 yang tergabung dalam ekstrakurikuler musik ‘Irridium’, yaitu Indri Larasati, Muhammad Izza Khairullah, Salma Athiya Parkersit, Diarga Mulya Ramadhan, serta Mufaqqih Syairul Mawakib. Perwakilan dari tim musikalisasi tersebut, Mufaqqih menyebutkan, dirinya dan tim menampilkan puisi berjudul ”Aku” karya Chairil Anwar.

”Ide aransemen, merangkai melodi-melodi nada itu suka muncul sendiri saat mulai memainkan alat musik. Kalau nadanya menurut saya bagus, saya masukkan ke lirik puisinya, dicocokkan dengan nada,” jelas Mufaqqih.

Ia mengaku bisa memainkan tiga alat musik, yakni: gitar, saxophone, dan keyboard. Dirinya memang menyukai musik dan mulai bisa memainkannya sejak kelas 7 SMP. ”Sebenarnya kalau dari keluarga tidak ada yang suka dan berbakat di bidang musik. Awal saya belajar gitar pun saya belajar sendiri, karena tertarik melihat teman waktu kelas 7 SMP sehingga saya terdorong memainkannya,” ceritanya.

Setelah pandai main gitar, ia tertantang untuk bisa memainkan alat musik lainnya, yaitu saxophone. ”Saat itu saya minta sama orang tua dibelikan saxophone dan diikutkan les selama empat bulan, dan mulai mahir sejak kelas 9 SMP,” tambahnya.

Siswa kelas 11 SMAN 2 Bogor tersebut mengaku, dirinya ada keinginan menjadi seorang musisi. ”Namun tidak saya jadikan profesi utama, karena bermain musik bagi saya adalah sebuah hobi, dan satu kebanggaan justru bisa mendapatkan prestasi dan penghargaan lewat musik,” ungkap Mufaqqih.

Menurutnya, seseorang harus berani menampilkan bakat atau kemampuan yang dimiliki, agar bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan membanggakan untuk diri sendiri bahkan orang sekitar. ”Kalau kalian punya bakat, jangan malu menampilkannya. Karena dengan bakat itu kalian bisa mendapatkan prestasi lebih di luar prestasi akademik di sekolah,” pesannya.(c)