Beranda Berita Utama Tunggu Kejutan

Tunggu Kejutan

MOSKOW–Bisa dibilang, tak ada ”grup neraka” di Piala Dunia 2018. Berdasarkan hasil undian di Moskow, tadi malam WIB, di atas kertas, delapan tim pot 1 yang tersebar di Grup A hingga H tidak akan sulit melaju.

Mungkin hanya Grup D yang bisa dibilang paling alot. Argentina memang menjadi unggulan. Namun, mereka akan bersua tiga tim yang bisa mengejutkan: Islandia, Kroasia, dan Nigeria.

Islandia bahkan sudah mengguncang dunia ketika mampu menembus perempat final Euro 2016 dengan mengalahkan Inggris di perdelapan final. Sedangkan Nigeria bahkan sukses menundukkan Argentina 3-1 dalam uji coba di Krasnodar, Rusia, bulan lalu (14/11).

universitas pakuan unpak

Tapi, ingat, dengan kekuatan materi, pengalaman di turnamen besar, dan sentuhan sang pelatih, Jorge Sampaoli, Argentina tetap harus diperhitungkan. Ingat, di Piala Dunia 2002, Brasil juga tertatih-tatih di fase kualifikasi. Tapi, begitu memasuki putaran final bablas hingga akhirnya juara.

Grup B juga sedikit panas karena ada Portugal dan Spanyol. Namun, dua pesaing mereka ”hanyalah” Maroko dan Iran. Dengan peraturan dua tim yang lolos di tiap grup, melihat kekuatan, prestasi, dan tampilan terakhir mereka, sulit membayangkan Portugal atau Spanyol gugur di fase grup.

Inggris yang menghuni pot 2 sebelum undian diramalkan bakal bersua salah satu tim di pot satu: Jerman, Brasil, dan Argentina. Tetapi, The Three Lions malah satu grup bersama Belgia, Panama, dan Tunisia di Grup G.

Menurut prediksi Opta, salah satu badan statistik olahraga menyebutkan, Brasil memiliki peluang juara hingga 14,2 persen, yang tertinggi dibanding para negara yang lain. Jerman menyusul di peringkat kedua dengan peluang juara 11,4 persen.

Tiga negara kuat melengkapi mereka menjadi lima tim paling berpeluang juara, yaitu Argentina (10,9 persen), Prancis (10,5 persen), dan Spanyol (9,3 persen).
Sedangkan Inggris yang dikatakan sebagai tempat kelahiran sepak bola hanya berada di posisi ke-11 dengan peluang 1,9 persen.

Di sisi lain, Maroko menjadi negara dengan kemungkinan terkecil untuk menjadi juara Piala Dunia dengan peluang hanya 0,5 persen.

Bagi pelatih Inggris, Gareth Sotuhgate, Piala Dunia kali ini menjadi tempat pas bagi Harry Kane untuk membuktikan ambisi menjadi striker nomor satu dunia. ”Memang, mayoritas penampilan seorang pesepak bola dinilai saat berkostum klubnya. Namun, pada akhirnya, sumbangsih paling besar adalah saat mampu melakukan sesuatu yang berarti bagi negara di turnamen besar,’’ ucap Southgate kepada BBC.

Bagaimana dengan juara bertahan Jerman? Mereka tampaknya tidak akan terlalu berkeringat untuk menjadi juara grup F. Sebab, mereka ”hanya’’ akan berhadapan dengan Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan.

”Ini adalah grup yang sangat menarik. Tujuan utama kami tetaplah mempertahankan gelar edisi sebelumnya,’’ ucap pelatih Jerman, Joachim Loew seperti dilansir dari situs resmi FIFA. (io/ttg)