25 radar bogor

Please, Jangan Boring!

Arsenal dan Manchester United lawan klasik. Battle of Old Trafford atau Battle of the Buffet sudah bisa jadi gambaran betapa panasnya duel dua tim elite London dan Manchester itu. Atau, rivalitas panas antara Arsene Wenger dengan Jose Mourinho yang sudah membara 13 tahun terakhir. Itu hanya cerita.

Nah, jangan berharap cerita itu menjadi nyata begitu Arsenal menjalani laga ke-227-nya, di Emirates Stadium, London dini hari nanti WIB (siaran langsung RCTI/ beIN Sports 1 pukul 00.30 WIB). Mourinho dalam konferensi persnya tadi malam WIB telah mengisyaratkan bahwa bentrok ke-227 ini bakal boring.

Mourinho terinspirasi dengan film tenis Borg McEnroe yang baru dirilis September lalu. ”Pelatih Borg mengatakan padanya. Satu poin pada satu waktu, pikirkan hanya satu poin. Itulah yang harus kami pikirkan,’’ ungkap Mourinho, dikutip Mirror. The Special One tidak peduli jika dia belum pernah mampu mempermalukan Wenger begitu jadi nakhoda United.

Musim lalu, dua kali bertemu hasilnya sekali imbang dan sekali tumbang. Mourinho pun tak peduli gap poin dengan Manchester City yang bisa saja melebar pekan ke-15 ini apabila dia kembali gagal menang atas The Gunners. Sampai pekan ke-14, United sudah berselisih delapan angka dengan tetangga berisiknya.

”Saya sudah bilang ke pemain. Pikirkan laga ini (bukan City). Jangan berpikir poin yang kami dapatkan, hanya pikirkan Arsenal,’’ tutur Mourinho. Bukan sekadar kata-kata. Statistiknya musim ini di Premier League sudah bisa jadi patokan bahwa laga bakal membosankan. Berkaca dari hasil United melawan sesama klub enam besar, Mourinho lebih suka bermain negatif.

Terutama pada laga tandang, seperti ketika menahan Liverpool 0-0 di Anfield, Liverpool (14/10) dan di balik kekalahan 0-1 atas Chelsea di Stamford Bridge, London, pada 5 November lalu. Selain tak mampu mencetak satu gol, total tembakan Antonio Valencia dkk tidak lebih dari tujuh kali. Bahkan, di Anfield hanya tiga kali tembakan dilakukan United.

Rata-rata penguasaan bola United pun hanya 46 persen. Pada dua laga itu, David De Gea selalu jadi pemain tersibuk. Terkait skema bertahannya yang kerap disebut parkir bus Mourinho punya alasan sendiri. ”Karena saat memegang bola kami menyerang dengan 11 pemain. Dan, di saat kami kehilangan bola, maka kami juga akan bertahan dengan 11 pemain,’’ kilah Mourinho.

Tak heran jika dari tujuh laga tandangnya di Premier League United cuma bisa mencetak satu gol per laga. Agresivitasnya hampir tiga kali lipatnya ketika berlaga di Old Trafford. ”Yang kami tahu, kami tak boleh kalah di sana (Emirates),” koar gelandang United Paul Pogba, seperti dikutip situs resmi klub. (ren)