Beranda Bogor Raya Tak Mahal untuk Hidup Sehat

Tak Mahal untuk Hidup Sehat

AJAK SEHAT: Para anggota Komunitas Senam Kenari kompak dan ceria dalam kebersamaan.

CIBUBUR–Keinginan memiliki tubuh ideal memang diperlukan biaya serta usaha ekstra. Namun sebaliknya, jika kita bisa menerapkan pola hidup sehat, semua bisa dilakukan secara praktis dan hemat biaya.

Hal itu dibeberkan Ketua Komunitas Senam Kenari, Endang Tri kepada Radar Cibubur, kemarin (28/11). Ia mengatakan, tak sedikit masyarakat yang ingin hidup sehat atau memiliki tubuh langsing dengan cara gratis dan praktis.

“Padahal, orang ingin gemuk saja harus mengeluarkan biaya lebih. Seperti untuk kuliner, jajan, makan di sembarang waktu, pergi ke restoran, sampai ke warung makan hingga memiliki badan gemuk. Itu semua perlu biaya dan usaha,” tegas Endang.

universitas nusa bangsa unb

Memang, kata dia, untuk memiliki kembali tubuh yang ideal, diperlukan faktor yang mendu­kungnya. Seperti alat-alat kesehatan, perleng­kapan olahraga, ataupun yang lainnya. Namun, membuat hidup sehat dan memiliki tubuh ideal ternyata tak harus melulu seperti itu.

“Kita bisa berolahraga dengan biaya yang seminim mungkin. Banyak olahraga yang tidak memerlukan banyak uang. Tapi bisa meng­hasilkan efek yang luar biasa,” bebernya.

Perbandingan tersebut yang ingin dikritisi Endang selaku orang yang bergelut di dunia kesehatan. Bagaimana mungkin seseorang ingin kembali memiliki tubuh ideal, namun tidak mau mengeluarkan biaya dan upaya apa pun untuk itu.

“Kami ingin mengingatkan bahwa hidup sehat itu tidak ternilai harganya. Namun, kembali lagi, soal kesadaran orang-orang yang ingin hidup sehat. Kita tidak akan rugi sedikit pun meski mengeluarkan biaya besar untuk jaminan kesehatan,” tukasnya.(dka/c)