25 radar bogor

Mulai Seleksi Calon Plt Wali Kota

BOGOR-Dalam waktu dekat, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor Bima Arya-Usmar Hariman bakal cuti untuk berlaga di Pil walkot 2018. Selama masa pilkada nanti, tugas dan kewenangan keduanya akan diemban pelaksana tugas (Plt).

Siapakah sosok tersebut? ”Nanti ditentukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar),’’ ujar Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pemerintahan Pemkot Bogor, Taufik.

Dia menjelaskan, dalam waktu dekat pula, pemkot akan diundang Pemprov Jabar untuk me rumuskan sosok Plt. Tak hanya Kota Bogor, rupanya ada 16 kota/kabupaten yang diundang bersamaan untuk penyampaian mekanisme cuti ke pala daerah. ”Jadi nanti provinsi akan mengadakan ra pat teknis dulu. Di sana diputuskan semua,’’ jelasnya kepada Radar Bogor.

Kelak, lanjutnya, mekanisme yang dipaparkan adalah sesuai dengan Undang-Undang Pemilu No 10 Tahun 2016. Kemudian masuk pada penetapan Plt yang menggantikan wali kota maupun wakil wali kota selama masa cuti kampanye.

”Karena harus dibahas secara teknis. Misal di suatu daerah ada wali kota, wakil wali kota mencalonkan, sekda mencalonkan, kemudian plt-nya dari mana?’’ ujarnya. Yang pasti, menurut Taufik, sosok Plt akan ditentukan oleh Pem prov Jabar. Namun, pemprov tetap meminta rekomendasi nama-nama yang telah diinvetarisasi oleh per wakilan pemerintah daerah.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman ber harap proses pengajuan cuti kampanye tidak berlangsung lama. Ia juga meminta pihak yang mengurusi hal itu bisa bekerja dengan cepat. ”Sesuai alur saja. Setelah ada kepastian dan penetapan, satu minggu saja selesai lah,’’ tukasnya.(rp1/c)