Beranda Metropolis Olah Sampah Jadi Sumber Energi Alternatif

Olah Sampah Jadi Sumber Energi Alternatif

MANDIRI KELOLA SAMPAH: TPS 5R di RW 13 Kelurahan Kencana sudah mandiri mengolah sampah menjadi pupuk dan biogas.NELVI/RADAR BOGOR.

Tak semua limbah jadi masalah. Kalau kita kreatif, limbah justru bisa memberi manfaat. Seperti yang dilakukan warga Perumahan Dharmais RW 13, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanahsareal. Mereka berhasil mengubah sampah menjadi biogas yang bisa digunakan sebagai pengganti elpiji.

Laporan: WILDA WIJAYANTI

Pemanfaatan sampah oleh warga RW 13 Kelurahan Kencana, sejatinya sudah dimulai sejak 2013. Namun, penggunaan biogas sebagai energi alternatif, baru efektif berjalan pada 2015 setelah warga mendapat bantuan digester biogas dari pemerintah.

universitas nusa bangsa unb

Kepada wartawan, Ketua RW 13 Karep Rahardjo menerangkan, sejak adanya bantuan alat tersebut, tempat pengolahan sampah (TPS) Kencana yang awalnya memiliki luas 200 meter persegi, diperluas menjadi 300 meter persegi.

”Sampah warga yang tadinya hanya diolah menjadi pupuk, kini juga diolah menjadi biogas yang dapat dimanfaatkan untuk memasak,” ujarnya. Walaupun begitu, menurut dia, penggunaan biogas hanya bisa dilakukan di TPS Kencana. Sebab, jika digunakan di rumah-rumah warga diperlukan alat bantu khusus yang juga butuh biaya ekstra.

”Biogas dihasilkan dari sampah sayuran yang didiamkan lebih dari satu bulan. Nah, agar bisa dimanfaatkan menjadi biogas, ditambahkan cairan kimiawi,” paparnya. Saat ini, konsen pengolahan sampah memang masih difokuskan untuk menjadi pupuk.

Apalagi, pupuk dari TPS Kencana yang sudah menerapkan pola 5R (reduce, reuse, recovery, rethink, dan recycling) juga pernah diteliti oleh IPB. Jadi, masyarakat tak perlu ragu menggunakannya.

“Dengan adanya TPS 5R Kencana, sampah yang dihasil kan warga sekarang tidak menumpuk lagi seperti 15 tahun yang lalu. Ke depan, TPS 5R Kencana bisa lebih banyak mengumpulkan sampah dari warga dan meningkatkan layanan biogas agar bisa dinikmati oleh warga,” harapnya.

Sementara itu, Lurah Kencana Syafei R menginginkan agar energi alternatif ini tidak hanya bisa dinikmati oleh petugas sampah di TPS 5R Kencana, tapi juga oleh masyarakat lainnya. ”Makanya, ke depan kami sedang mendorong adanya CSR untuk mengembangkan biogas ini,” tutupnya.(*/c)