25 radar bogor

Festival Pesona Kabupaten Bogor 2017 Kembangkan Pariwisata Lokal

MERIAH: Perwakilan Kecamatan Ciomas pada Festival Pesona Kabupaten Bogor, kemarin (25/11).
MERIAH: Perwakilan Kecamatan Ciomas pada Festival Pesona Kabupaten Bogor, kemarin (25/11).

BOGOR-Festival Pesona Kabupaten Bogor 2017 yang diikuti 40 kecamatan, usai digelar di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, kemarin (25/11). Selain dihadiri warga, 21 perwakilan duta besar (dubes) negara tetangga juga tak mau ketinggalan. Seperti dari Lebanon, Brunei Darussalam, Azer Baijan, Oman, Ukraine, Suriname, Jordan (ambasador), Sudan, Qatar (ambasador), Irak (ambasador), Yaman, dan Equador (ambasador).

Pantauan Radar Bogor, para peserta dari masing-masing kecamatan menampilkan kesenian tarian Sunda berkonsep kebaya. Peserta lain dari Jakarta dan Kabupaten Bandung Barat pun ikut hadir menyemarakkan acara. “Kami akan upayakan kegiatan ini sebagai kalender event nasional, bahkan internasional,” kata Bupati Bogor Nurhayanti di sela-sela acara.

Menurut Yanti -sapaannya-, kegiatan tersebut akan meningkatkan apresiasi dan dukungan masyarakat terhadap upaya pelestarian kekayaan budaya daerah. Juga, memperkuat kedudukannya sebagai salah satu daya tarik potensial dalam konteks pengembangan industri kepariwisataan internasional.

Namun tantangannya, kata dia, adalah bagaimana potensi seni dan budaya bisa mengakar dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya dalam pemaknaan filosofis, tapi juga identitas daerah sebagai ikon pariwisata.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Rahmat Sujana menambahkan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Festival Pesona Budaya kali ini diselanggarakan pula kegiatan lainnya.

Seperti menampilkan kekayaan kuliner Pasundan dengan menggandeng chef ternama Farah Quinn. “Kami juga berupaya meningkatkan daya tarik kuliner serta membangun visi baru usaha kuliner yang memiliki nilai tambah,” pungkas Rahmat. Lewat Festival Pesona, ia juga berharap tahun ini wisatawan asing dapat bertambah.(nal/c)