Beranda Berita Utama Kangen Water bukan Obat!

Kangen Water bukan Obat!

JAKARTA-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akhirnya turun tangan soal polemik Kangen Water yang disebut-sebut sebagai minuman ”obat’’. Pekan kemarin, Kemenkes merilis berita acara pemeriksaan mengenai minuman yang diklaim mengandung alkali dan dapat membersihkan racun yang berbahaya bagi tubuh.

“Ada brosur iklan yang tidak sesuai pada Kangen Water,’’ ujar Direktur Pengawasan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Kementerian Kesehatan, Ir Sodikin Sadek, kepada pewarta.

Setelah dilakukan investigasi pada pihak distributor, pihak Kemenkes akhirnya meminta untuk ditarik klaim tentang Kangen Water yang menyebutkan bahwa air alkali tersebut bisa menyembuhkan penyakit. “Iklannya harap ditarik. Hasil dari water treatment untuk mengobati penyakit itu belum ada penelitiannya,” tegas Sodikin.

universitas pakuan unpak

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan makanan Jakarta, Dra Dewi Prawita, Apt, Mkes juga mengatakan hal yang serupa. “Brosurnya itu menyesatkan. Tidak ada air itu untuk obat,” ungkap Dewi.

Masih soal air alkali yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit dengan merek Kangen Water, banyak pihak yang menyatakan bahwa itu adalah hoax. Leona Victoria Djajadi, master of nutrition and dietetics, menjelaskan bahwa air alkali atau air yang bersifat basa tidak mempunyai kelebihan khusus jika disandingkan dengan air putih biasa. “Hoax kali ya bahwa alkali water punya kelebihan khusus dibandingkan air biasa,” ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan berita acara pemeriksaan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), PT Enagic Indonesia selaku produsen mesin Kangen Water diminta untuk menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water yang “telah diakui negara” (Kementerian Kesehatan RI).

Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai “medical device.” Tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi (water elektrolisis) sebagai produk yang dapat ”menyehatkan dan/atau menyembuhkan”.

Pada 2014 lalu, distributor independen Kangen Water Indonesia, Donny Satiya, telah menyatakan bahwa air Kangen Water bukan obat. Namun, toh alat itu sudah telanjur dipopulerkan sebagai “mata air ajaib”. Air yang keluar darinya diklaim bisa membuat peminum nya tidur lebih nyenyak, energinya meningkat, dan racun enyah dari tubuhnya.

Kangen berasal dari bahasa Jepang yang berarti era baru. Pada 1965, ketika ekonomi Jepang sedang meroket dan penduduknya tergila-gila pada kesehatan, pemerintah negeri itu memulai penelitian untuk mencari air berkhasiat. Pada 1980-an, Departemen Kesehatan Jepang mengumumkan hasil penelitian bahwa air dengan ion atau air alkali memberikan manfaat begitu besar pada kesehatan.(ric/net)