25 radar bogor

Sembilan Pebasket Kena Sanksi Terlibat Pengaturan Skor IBL

JAKARTA– Cabang olahraga bola basket nasional diguncang skandal besar. Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi) mengeluarkan sanksi kepada sembilan mantan pemain Siliwangi Bandung. mereka dianggap terlibat dalam pengaturan skor pada musim IBL 2016/2017 lalu.

Sebelumnya tidak ada informasi jelas terkait adanya investigasi tersebut. Rupanya Perbasi menginginkan agar masalah tersebut tidak muncul ke permukaan. Kabid Hukum PB Perbasi, George Fernando Dendeng menyatakan, sebelumnya mereka sudah berkomitmen dengan sembilan pemain tersebut agar mereka tidak berkecimpung dalam kegiatan basket.

“Tetapi Vinton Nolan Surawi main pada sebuah turnamen di Surabaya,” ujar George. Perbasi juga sudah mengingatkan yang bersangkutan, namun rupanya tidak diindahkan. “Per hari ini (kemarin) kami kirimkan surat kepada seluruh Pengprov di Indonesia untuk mewaspadai keterlibatan pemain yang sudah mendapatkan sanksi,” lanjutnya.

Sanksi tersebut tertuang via surat bernomor 508/XI/PP/2017 perihal pemberitahuan surat keputusan sanksi kepada Pengprov seluruh Indonesia. Informasi yang diterima Jawa Pos (Grup Radar Bogor), pengaturan skor pada IBL 2016-2017 itu terjadi lantaran tim Siliwangi Bandung mengalami tunggakan gaji.

Kisarannya antara tiga bulan hingga satu tahun. Bahkan ada sejumlah pemain yang tidak mendapatkan kontrak kerja. Vinton membela tim Flying Wheel Makassar pada Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017 dalam dua pertandingan. Atas masalah ini, Vinton dipastikan bakal absen pada laga berikutnya.

Yunianda Nugroho Djati, pelatih Flying Wheel Makassar, menyatakan mengikuti keputusan PB Perbasi. “Kami akan andalkan pemain-pemain lain. Tapi cukup kecewa juga kenapa keputusan itu baru dipublikasikan sekarang,” katanya.(nap/irr/tom)