25 radar bogor

Sampah Menumpuk hingga Dua Meter

Doni/Radar Bogor AKRAB: Bupati Bogor Nurhayanti didampingi Camat Cisarua Bayu Rahmawanto, berbincang sejenak dengan salah satu pedagang di Rest Area Semesta yang baru diresmikan, kemarin.

AKRAB: Bupati Bogor Nurhayanti didampingi Camat Cisarua Bayu Rahmawanto, berbincang sejenak dengan salah satu pedagang di Rest Area Semesta yang baru diresmikan, kemarin. (Doni/Radar Bogor)

CISARUA-Sampah di kawasan Puncak makin meprihatinkan. Selain akibat masyarakat tak peduli lingkungan, sarana yang kurang menunjang juga kerap menjadi alasan.

Seperti di Desa Kopo yang minim TPS. Akibatnya, terdapat lima lokasi pembuangan sampah liar. Sampahnya bahkan menumpuk hingga dua meter.

Kepala Desa Kopo Agus Sahrudin me­ngatakan, sulitnya membangun TPS meru­pakan permasalahan yang mesti segera dipecahkan. Pihaknya juga selalu berkoor­dinasi dengan UPT Kebersihan wilayah Ciawi pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor. Namun, kendala lain yang muncul adalah pengangkutan sampah yang memakan waktu hingga berminggu-minggu.

Untuk upaya ke depan, tambahnya, pemerintah desa akan melakukan ecovillage daur ulang sampah tingkat RT. Program tersebut sedang berjalan dan terus dimatangkan.

“Kami juga akan menganggarkan dana untuk lokasi pengolahan,” pungkasnya.(don/c)