Beranda Politik Harus Perhatikan Potensi Lokal

Harus Perhatikan Potensi Lokal

SOSIALISASI: Alat peraga sosialisasi program Ade Ruhandi tersebar di berbagai tempat di Kabupaten Bogor, kemarin. SOFYAN/ RADAR BOGOR

CIBINONG-Spanduk bakal calon bupati Bogor Ade Ruhandi yang memuat program unggulan dengan tagline #Saatnya Membahagiakan Rakyat, menjadi perhatian masyarakat. Pengamat politik Yusfitriadi menilai, janji pendidikan gratis, kesehatan gratis, tambahan dana desa Rp1 miliar, bantuan pinjaman tahunan untuk petani, bantuan UMKM, 500 ribu lapangan kerja, dan bantuan pembangunan ponpes Salafiyah harus dilengkapi lagi.

“Apa pun itu, visi dan misi ataupun program unggulan, mini mal unsur kebutuhan dasar masyarakatnya harus terpenuhi dan terukur,” ujarnya kepada Radar Bogor. Menurut dia, program yang ditawarkan harus bersifat keberlangsungan, kemandirian, dan partisipatif. “Kreatif, inovatif, dan berbasis potensi lokal jadi aspek yang sangat penting,” terangnya.

Ketua STKIP Muhammadiyah Bogor itu menambahkan, program yang ditawarkan harus mengandung prinsip efektif dan efisien. “Efektif artinya tepat sasaran, baik objeknya maupun kontennya. Sementara efisien harus berbasis anggaran yang ekonomis dengan tidak mengurangi mutu program,” terangnya. Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD Golkar Kabupaten Bogor Ade Ruhandi enggan berkomentar.

universitas pakuan unpak

“Nanti saja di kantor, saya ada acara lagi,” ucapnya kepada Radar Bogor saat menghadiri dialog HUT PGRI, kemarin (22/11). Sementara, Wakil Ketua Bidang Komunikasi DPD Golkar Kabupaten Bogor, Aan Triana Al Muharom menganggap jika program yang digulirkan Ade Ruhandi sudah sangat baik. “Yang penting rasional,” singkatnya.(ded/rp2/c)