Beranda Metropolis

Tata Ulang Drainase Sholis

MENGHILANG: Drainase di Jalan Sholis menghilang sejak pembangunan Tol BORR seksi IIB Kedung Badak-Yasmin. Drainase pengganti kini sedang dibuat. Meldrick / Radar Bogor

BOGOR– Pelebaran Jalan di Sholeh Iskandar (Sholis) memaksa PT Wijaya Karya (Wika) harus membangun ulang drainase Sholis dari nol. Saat ini progres pembangunannya sudah 50 persen.

Menurut Manajer Konstruksi PT Wika, Rahman Hakim, drainase yang baru akan bermuara ke aliran sungai, seperti konsep drainase yang lama. “Dalam perencanaan sudah ada detail skema pembuangan airnya ke mana,” ujar Rahman kepada Radar Bogor, kemarin (20/11).

Rahman mengatakan, jalur drainase yang lama akan dipindahkan. Jika melihat desainnya, drainase itu nanti akan ditutup untuk proses pelebaran lajur jalan.

Meski begitu, drainase yang lama tidak akan ditutup langsung, karena akan difungsikan sementara sambil menunggu saluran drainase yang baru selesai dibangun.

“Antisipasi kalau hujan, sehingga aliran air yang ada bisa berjalan. Nanti setelah saluran baru selesai, kita alihkan dan saluran yang lama ditutup,” ungkapnya.

Salah satu drainase yang sedang dikerjakan berada di depan Lotte Mart. Lokasi ini memang sangat rawan terendam jika hujan.

Karena itu, pihaknya tetap mengondisikan agar dalam keadaan hujan pun air masih bisa tertampung sehingga tidak akan meluap. “Antisipasi terus dilakukan,” imbuhnya.

Dia menegaskan lagi, saluran drainase yang baru tidak akan mengubah sistem alur buang. Artinya, masih sama seperti saluran drainase yang lama. “Kami hanya mereposisi saluran yang ada sekarang untuk pembuangan di atas jalan itu,” tuturnya.(wil/c)

Baca Juga