Beranda Bogor Raya Cibubur Kenalkan Beragam Tarian Tradisional

Kenalkan Beragam Tarian Tradisional

JAGA BUDAYA: Salah satu penampilan peserta Traditional Dance Competition yang ikut unjuk kebolehan di MMC Cileungsi.

CIBUBUR–Lenggak-lenggok puluhan penari yang pentas di ajang Traditional Dance Compe­tition, menarik pengunjung Metro­politan Mall Cileungsi, Minggu (20/11) malam. Peserta yang didatangkan dari kalangan pelajar dan masyarakat umum ini, menampilkan tarian-tarian tradisional khas Indonesia. Seperti jaipong, tari saman, tari legok, kecak, hingga tari topeng dari DKI Jakarta.

“Kompetisi ini sekaligus menge­nalkan tari-tarian asli Indo­nesia. Dengan begitu, kita bisa ikut melestarikan budaya yang ada di Indonesia ini, termasuk tarian tradisional,” beber Marcomm Metro­politan Mall Cileungsi, Tiffanny.

Sambung wanita berkerudung ini, Traditional Dance Competition yang pertama diadakan di Metropolitan Mal Cileungsi, ini juga sekaligus ajang pencarian bibit penari tradisonal.

universitas nusa bangsa unb

Bagi pemenang, lanjutnya, MMC menyediakan total hadiah jutaan rupiah serta piagam dan sertifikat. Menurutnya, Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, memiliki banyak tarian daerah dari Sabang sampai Merauke.

“Tarian-tarian tradisional ini kemudian menjadi salah satu sub budaya Indonesia yang mendunia.Sebagai contoh kepopuleran tarian dari Indonesia yang sudah banyak dikenal dunia adalah tari saman dari Aceh, tari pendet dari Bali, dan tari lainnya yang tidak kalah mencuri perhatian,” urainya.

Dengan keberagaman tari daerah yang tersebar di seluruh Nusantara, masyarakat Indonesia pun dituntut memiliki wawasan terkait kebuda­yaan. Khususnya tarian-tarian tradisional dan asal daerahnya. “Hal tersebut untuk menam­bah kecintaan terhadap budaya sekaligus melestarikan keberlangsungan dari kekayaan budaya agar dapat dikenal genarasi penerus,” sambu­ngnya menutup.(dka/c)