Beranda Metropolis Booming Pesta Lepas lajang

Booming Pesta Lepas lajang

KOMPAK: Syara Yulita bersama para sahabatnya mengadakan bridal shower untuk salah satu temannya yang akan menikah.

Sebagaimana ulang tahun atau anniversary lain, momen jelang pernikahan juga layak dirayakan serta diabadikan. Perayaan bertajuk bridal shower pun mulai dilirik anak-anak muda Kota Hujan. Perayaan itu merupakan pesta kecil yang dikhususkan calon pengantin perempuan. Acaranya diadakan para sahabat dekat.

Seperti yang dilakukan oleh Syara Yulita bersama kelompok­nya, Famous Girl. Bagi mereka, bridal shower merupakan ”kewajiban’’ jika ada teman salah satu kelompok yang akan melaksanakan pernikahan. “Kalau menurut saya dan teman-teman, ini bisa dibilang ajang perpisahan, walaupun bukan pisah yang gimana. Tapi, sebagai ajang bagaimana kita mengek­spresikan kebahagiaan kami menyambut pernikahan sahabat,” ujarnya.

Biasanya acara bridal shower dilengkapi dengan pembagian baju seragam bagi sahabat-sahabatnya tersebut. “Sekalian sharing pelengkap apa yang akan digunakan nanti pernika­han. Atau pergi bareng ke acara, juga yang tidak ketinggalan, ya, ngegosip,” canda Sarah.

universitas nusa bangsa unb

Salah satu pemilik party planner asal Bogor bernama Femmes Deco, Yuliana Dewi menuturkan, bridal shower lebih banyak diminati calon pengantin wanita berusia 24 hingga 30 tahun.

Acaranya bertujuan untuk mengakrabkan diri dengan teman-teman dekat sebelum pernikahan. “Kalau di Indonesia, bridal shower lebih ke acaranya untuk wanita. Semua yang datang teman-teman wanitanya si calon pengan­tin,” katanya kepada Radar Bogor.

Pemilihan venue, kata Dewi, biasanya dilakukan di sebuah tempat makan dengan dekorasi meja makan yang dilengkapi nama teman-teman yang ikut dalam acara. Tapi, tidak jarang pula mereka mengadakan di sebuah hotel atau mem-booking satu kamar yang juga didekor sedemikian rupa.

Biasanya, bridal shower digelar sambil menikmati hidangan yang disajikan pada saat makan siang, afternoon tea, atau makan malam.

Usai menyantap hidangan, calon pengantin dan para sahabat wanitanya bisa berfoto-foto untuk mengenang momen spesial tersebut. “Jadi relatif, pemilihan kedua tempat ini sama-sama banyak yang minat. Biasanya jika teman-teman dekat ambil bridal shower di hotel,” jelas Dewi.

Agar bridal shower lebih menarik, biasanya diselipkan berbagai games. Ada pula yang menjadikan sang calon pengantin sebagai ‘sasaran’ keisengan teman-temannya. Misalnya, dengan memberikan selempang atau tag nama lucu, hingga mengarak calon pengantin ke tempat umum.

“Sebenarnya tidak ada ketentuan kegiatan apa saja yang harus dilakukan saat bridal shower. Intinya, mengutamakan nuansa hangat dan akrab,” bebernya. Ia menambahkan, untuk klien yang selama ini ia tangani, biasanya lebih banyak memilih nuansa simple flower.

Bedanya hanya dari konsep pemilihan warna masing-masing orang saja. “Paling sering ya kalau tidak pink atau emas,” pungkasnya.(ran/c)