Beranda Metropolis

Bangun Kantor Bernuansa Heritage

BOGOR–Nuansa heritage bakal menjadi konsep utama dalam pembangunan gedung baru Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat III di Jalan Djuanda, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah.

Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jawa Barat III Swartoko menuturkan, konsep itu dikedepankan menyesuaikan dengan suasana Bogor tempo dulu. “Yang khas adalah, gedung ini akan memiliki ornamen kujang berukuran besar di bagian kanan gedung,” ujarnya saat melakukan audiensi dengan Wali Kota Bogor Bima Arya di Balaikota Bogor, kemarin (20/11).

Rencananya, pembangunan dilakukan mulai Maret 2018 mendatang. Gedung enam lantai itu diperkirakan akan selesai dalam waktu dua tahun dan ditempati tiga kantor sekaligus, yakni Kanwil DJP Jawa Barat III, KPP Pratama Bogor, dan KPP Madya Bogor. “Bangunan lama akan tetap, karena yang dibangun berada di belakang.

Izin juga sudah berjalan, tinggal revisi terkait tampilan luarnya saja (pilar-pilar), agar lebih heritage,” ucapnya.

Bagi warga yang hendak membayar pajak, tak usah khawatir soal parkir. Sebab, kantor tersebut akan memiliki lahan parkir yang luasnya mampu memuat 71 mobil di basement dan 50 mobil di halaman kantor.

Menanggapi rencana itu, Bima Arya mengatakan, pemba­ngu­nan di Kota Bogor sangat menjaga keserasian desain ba­ngu­nan dengan konsep heritage, dari misi Kota Bogor menjadi kota heritage. “Desain yang sekarang unsur heritage-nya masih kurang dan terlalu banyak kaca.

Kanwil DJP bisa menambah nuansa heritage pada pilarnya. Tinggal kuatkan lagi di pilar-pilarnya saja,” sarannya.(ran/c)

Baca Juga