Beranda Pendidikan STIE Kesatuan Luluskan 618 Wisudawan yang Siap Mengabdi di Masyarakat

STIE Kesatuan Luluskan 618 Wisudawan yang Siap Mengabdi di Masyarakat

MENINGKAT: Prosesi wisudawan STIE Kesatuan, kemarin. Berbekal hard skill dan soft skill, para lulusan diharapkan mengabdi di berbagai bidang.icha/radar bogor

BOGOR–Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kesatuan meluluskan 618 wisuda­wan yang terdiri dari 400 wisudawan Program S1 dan 218 wisudawan Program Diploma. Ketua STIE Kesatuan, Nusa Muktiadji menyampaikan rasa bangganya terhadap peningkatan jumlah lulusan 16,60 persen dari tahun sebelumnya.

Menurut Nusa, wisudawan telah dibekali pengetahuan dan keterampilan baik yang bersifat hard skill maupun soft skill. Mereka juga telah diujikan oleh lembaga sertifikasi profesi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi. ”Sehingga mereka siap terjun untuk mengabdi kepada masyarakat di berbagai bidang profesi,” tambahnya.

Nusa mengatakan, terdapat tantangan bagi dunia pendidikan dalam menyipakan lulusannya agar dapat bersaing di dunia kerja masa depan, yaitu kemajuan di bidang teknologi informasi.

universitas pakuan unpak

”Jika perguruan tinggi tidak segera melakukan perubahan dan segera menyesuaikan peranannya di dunia pendidikan, maka terancam disrupted. Karena secara umum, perguruan tinggi masih menyiapkan lulusannya untuk pekerjaan abad ke-20,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangan Nusa, upaya-upaya dilakukan STIE Kesatuan dalam rangka menghantarkan mahasiswa meningkatkan kompetensi lulusan agar bisa menghadapi tantangan tersebut. Dia menyebutkan, STIE memberikan bantuan beasiswa bagi dosen tetap dan tenaga kependidikan untuk studi lanjut ke jenjang S2 dan S3, lokakarya kurikulum, dan mengembangkan pembelajaran E-Learning.

”Menyelenggarakan ujian sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa tingkat akhir, serta meningkatkan kualitas pembelajaran di lab,” ungkap Nusa.

STIE Kesatuan juga meningkatkan pendidikan karakter pada mahasiswanya. ”STIE Kesatuan memandang penting pendidikan karakter, karena pada hakikat­nya pendidikan memiliki dua tujuan, yaitu membentuk manusia pintar dan cerdar, serta menjadikan manusi berpe­rilaku baik,” tegasnya.(cr1/c)