Beranda Bogor Raya Barat Utara Masyarakat Wajib Tanggap Bencana

Masyarakat Wajib Tanggap Bencana

PAMIJAHAN–Kecamatan Pamijahan termasuk kawasan rawan bencana gempa hingga tanah longsor. Untuk mengurangi risiko tersebut, Star Energy Geothermal Salak Ltd (SEGS) mengadakan sosialisasi pengelolaan lingkungan hidup dan tanggap bencana di The Green Top View Resort Gunung Bunder, Sabtu (18/11) akhir pekan lalu.

Sementara itu, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Budi Mulyono menekankan pentingnya kesadaran dan keaktifan warga mengelola lingkungan.

Menurutnya, jika masyarakat menemukan masalah terkait lingkungan, seperti perusakan hutan, jangan segan untuk melapor ke ketua RT atau RW setempat. “Laporan tersebut nantinya akan diteruskan kepala desa, camat, atau lurah dan akan segera ditindaklanjuti,” tandasnya.

universitas nusa bangsa unb

Ia juga meminta laporan tersebut harus memuat paling sedikit informasi mengenai identitas pengadu, lokasi kejadian, sumber penyebab, waktu kejadian, dan bentuk penyelesaian yang diinginkan.

Di tempat yang sama, Asset Manager SEGS Irwan Januar menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk mengelola lingkungan hidup dengan baik. “Atas dasar itulah kami mengadakan sosialisasi ini. Tapi kami hanya sebagai fasilitator, karena yang berkapasitas adalah pemerintah” ujarnya.(*/wil)