25 radar bogor

BRI Salurkan Dana PIP

EDUKASI KEUANGAN: BRI cabang Dewi Sartika menyalurkan dana PIP di SDN Kebon Pedes 5 Bogor.Omer Ritonga/Radar Bogor
EDUKASI KEUANGAN: BRI cabang Dewi Sartika menyalurkan dana PIP di SDN Kebon Pedes 5 Bogor.Omer Ritonga/Radar Bogor

BOGOR–Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menyalurkan dana Program Indonesia Pintar (PIP). Sebagai bentuk dukungan terhadap program tersebut, Bank Rakyat Indonesia (BRI) ikut menyalurkan dana kepada pelajar di Bogor dalam bentuk tabungan.

Branch Manager BRI Dewi Sartika, Edi Prawaskito mengatakan, pekan lalu pihaknya menyerahkan dana PIP khusus siswa sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) se-Kota Bogor. Program tersebut, kata Edi, sudah berjalan sejak tahun lalu melalui Simpanan Pelajar (SimPel).

Setiap siswa yang menerima dana PIP akan mendapatkan buku tabungan dengan nilai saldo sesuai dengan besarnya dana PIP untuk SD/MI. “SD/MI Rp450 ribu dan Rp750 ribu untuk SMP,” kata Edi kepada Radar Bogor, di sela penyaluran dana PIP di SDN Kebon Pedes 5 Bogor.

Edi menjelaskan, rekening siswa tidak akan mati dan berlaku selamanya. Siswa penerima dana PIP atau pemilik rekening juga tidak akan dikenakan biaya atau beban apa pun. Selain itu, bila siswa tidak menarik dana atau tidak melakukan transaksi sama sekali, nilai uang atau dana dalam rekening tidak akan berkurang.

Siswa dapat menarik dana di semua kantor cabang (KC), kantor cabang pembantu (KCP), dan teras-teras BRI terdekat. “Di buku rekening yang sah tercantum tanda tangan orang tua dan anak,” kata Edi.(mer/c)