Beranda Uncategorized Maca Expo Bangkitkan Literasi di Sekolah

Maca Expo Bangkitkan Literasi di Sekolah

ANTUSIAS: Para pelajar tampak antusias menghadiri Maca Expo 2017 yang digelar SMPIT Insantama, Bogor.

BOGOR–Kesuksesan Maca Expo yang pertama, mendorong SMPIT Insantama kembali menggelar Maca Expo. Kali ini bertemakan “Giat Literasi Menghantarkan Pelajar Berkarakter Penuh Kreasi”.

Sebanyak 364 peserta dari 28 sekolah yang terdiri dari 11 SD dan 17 SMP di Kota maupun Kabupaten Bogor, meramaikan acara kemarin (11/11).

Kepala Bidang SMP Dinas Pendi­dikan Kota Bogor, Arni Suhaerani mengapresiasi SMPIT Insantama yang telah berhasil menarik banyak peserta untuk mengikuti kegiatan Maca Expo ini. “Berhasil, Maca Expo banyak pesertanya, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, bermakna, apresiasi kepada Insan­tama. Semoga acara ini ada yang ketiga, keempat, dan selanjutnya, bagi saya keberanian anak-anak mengikuti kegiatan ini adalah juaranya,” kata Arni.

universitas nusa bangsa unb

Kepala SMPIT Insantama, Hasan Cinta mengatakan, pelaksanaan Maca Expo ini merupakan salah satu andil dari SMPIT Insantama dalam menggiatkan agar gerakan literasi sekolah di Kota Bogor semakin bergelora. “Kami ingin mewujudkan orang Bogor menjadi orang yang literat, dengan ini mudah-mudahan Kota Bogor menjadi kota literasi di Indonesia,” harap Hasan dalam sambutannya.

Ketua Yayasan Insantama Cendekia, Ismail Yusanto mengatakan, dirinya tidak ragu untuk mendukung kegiatan Maca Expo ini, sebab kegiatan literasi sesungguhnya telah diperintahkan Allah SWT dalam ayat pertama-Nya yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu Iqra, Bacalah.

“Masyakarakat kita saat ini sudah bergerak ke arah schooling society dengan adanya program wajib belajar 12 tahun. Namun dengan kegiatan ini, kita bukan hanya ingin mem­bangun semangat sekolah tetapi semangat belajar, dengan mendorong ke arah learning society dengan cara membaca,” ujarnya.(cr1/ pkl1/c)