Beranda Bogor Raya Selatan Pohon Bukan Alat Promosi

Pohon Bukan Alat Promosi

CISARUA–Penghijuan tidak hanya soal penebangan pohon. Melainkan juga berbicara soal menjaga dan merawat agar tidak dirusak. Seperti menjaga pohon dari paku.

Hal ini membuat Lembaga Swadaya Masyarakat Rumpun Hijau mendata pohon yang menjadi sasaran paku poster. Dengan menyusuri sepanjang Jalan Raya Puncak dari Kecamatan Ciawi hingga Cisarua. Tercatat puluhan poster dipaku pada pohon terdata.

”Selain melanggar peraturan tentang pemasangan iklan, pemakuan poster di pohon berdampak buruk dan fatal sekali,” ujar Ketua LSM Rumpun Hijau Sunyoto kepada Radar Bogor, kemarin.
Ia menjelaskan, satu paku yang menancap di pohon berdampak pada kondisi kesehatannya. Jika terus-menerus dibiarkan, pohon akan mengalami pengeroposan.

universitas nusa bangsa unb

Lebih bahayanya, apabila terjadi angin kencang sehingga memicu pohon tumbang. ”Jika menimpa pengguna jalan, siapa yang rugi? Apa kita masih menyalahkan alam. Seharusnya kita yang sadar,” tegasnya.

Ia meminta semua pihak, terutama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, agar bisa mengawasi keberadaan pohon.

Hal senada diungkapkan Ketua Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YHLI) Ardedi Tanjung. Menurutnya, pohon akan rusak dengan cara dipaku. ”Saya setuju upaya itu. Jangan sakiti pohon, apalagi dipaku begitu,” tukasnya. (don/c)