25 radar bogor

Dua Presiden Belanja Batik di BTM

BANGGA: Jokowi dan Moon Jae-in (kiri) mencoba batik di BTM setelah melakukan pertemuan di Istana Bogor, kemarin

BOGOR-Presiden Joko Widodo memang senang blusukan. Tapi, kini hobinya itu ditularkan kepada Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Bogor, kemarin (9/11). Usai dari Istana Bogor, keduanya mendatangi di mal di Jalan Djuanda.

Kedatangan Jokowi dan Moon Jae-In ke BTM pukul 16.30, sempat membuat para pengunjung kaget. Saat keduanya hendak memasuki mal, area tersebut dijaga ketat pasukan pengamanan presiden (Paspampres). Begitu pula ketika Jokowi dan Moon Jae-in mengunjungi kios-kios yang ada di dalam mal.

Wali Kota Bogor, Bima Arya yang turut mendampingi mengatakan, Presiden Korea Selatan itu memang penasaran dengan UMKM yang ada di Bogor. ”Presiden Korea itu ingin blusukan. Jadi yang seperti di Korea, ada Miungdong, ada tempat untuk belanja, oleh-oleh baju sehari-hari, nah, yang deket adalah BTM,” jelasnya kepada awak media kemarin (9/11).

Setalah lama berkeliling, akhirnya Moon Jae-In terpincut oleh kemeja batik motif Jakarta yang akhirnya dibeli sepasang bersama Jokowi, tapi dengan warna yang berbeda. ”Kelihatannya tadi minta dipilihin cocoknya warna apa. Dengan bahasa Korea yang terbatas, saya memahaminya begitu. Ada dua yang dibeli, Jokowi milih warna biru, Presiden Korea pilih warna merah. Motifnya sama,” terangnya.

Tak hanya asyik berbelanja, Moon Jae-in juga disuguhi teh khas nusantara, yakni teh Tongci. Minuman tersebut dirasa pas untuk melepas dahaga setelah berkeringat mengelilingi Mal BTM.

Sementara itu, Humas Mal BTM, Sisko Delgado mengaku bangga atas kunjungan kedua Kepala Negara ke Mal BTM. ”Terus terang kami sangat bangga Mal btm ini dikunjungi oleh dua tokoh yang sangat mendunia,” ujarnya.

Terpisah, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, pengamanan VVIP Polresta Bogor Kota bekerja sama dengan jajaran TNI dan Pemkot Bogor menerjunkan sekitar 700 personel gabungan.

Pengamanan dilakukan terbuka dan tertutup. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi segala tindakan kriminalitas. Sementara itu, ketegangan di Semenanjung Korea menjadi bahasan Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Istana Bogor kemarin. RI 1 menekankan agar solusi damai selalu dikedepankan semua pihak untuk mengakhiri krisis di sana.(rp1/c)