25 radar bogor

Cipas Cimanggis Kebanjiran

MAMPET: Kondisi banjir yang terjadi di Gang Musola, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, kemarin sore

CIBUBUR–Hujan yang mulai mengguyur sejak beberapa hari, turut menimbulkan bencana. Rabu (8/11), puluhan rumah di Gang Musola, RT 07/05, Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Kecamatan Cimangis, kebanjiran.

Banjir setinggi 30 centimeter (cm) memang kerap terjadi setiap hujan turun, akibat tidak adanya saluran pembuangan yang memadai. Banjir terjadi sejak pukul 15.00 hingga 17.00 WIB.

“Setiap kali hujan tiba pasti di wilayah kami terkena banjir. Untuk saat ini kemungkinan ada 20 rumah yang terendam,” kata salah seorang warga, Figo (30). Meski ketinggian air hanya sekitar 30 cm, kondisi tersebut cukup merepotkan warga. Sebab, air masuk sampai ke dalam rumah.

Figo mengatakan, di wilayah­nya tetap banjir karena ujung saluran air arah ke kampus dan kompleks AURI ada beton besar yang menutup saluran dan banyak sampah.

“Waktu itu pernah akan dipa­sang jaring sebagai pengganti beton yang menutup saluran, supaya sampah gampang dibersihin. Tapi ternyata hal itu tidak dilakukan dan justru saluran diperkecil diganti paralon,” kata Figo.

Figo meminta kepada Pemkot Depok agar serius memper­hatikan rumah warga yang terkena banjir. “Kami ingin bisa diantisipasi dengan cepat oleh Pemkot Depok, dan segera memantau apa penyebabnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianti, meminta pengurus RT dan RW membuat laporan tertulis adanya banjir.

Laporan tersebut bisa disam­paikan langsung ke Dinas PUPR atau melalui kelurahan dan kecamatan. “Coba dibuat surat laporannya dari RT dan RW ke kita. Agar bisa ditindaklanjuti,” kata Citra.

Masalah banjir di sana, sam­bung Citra, nyatanya berkaitan dengan wilayah lain. Sebab, saluran dari permukiman warga ke arah kampus dan kompleks AURI mengecil karena diganti paralon.
“Kadang-kadang juga masalahnya warga sendiri tidak mau menyediakan lahan buat saluran. Padahal kan ini buat kepentingan bersama,” kata Citra.(ade/poj)