25 radar bogor

Aher Minta Bogor Genjot Produksi Pangan

HPS: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat menghadiri Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 di Stadion Pakansari Cibinong, kemarin (9/11).

CIBINONG–Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan me­minta Pemkab Bogor kerja keras meningkatkan produksi padi untuk membantu swasembada beras. Bumi Tegar Beriman masih belum optimal dalam pengelolaan dan distribusi padi, dan kalah tertingggal dengan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

”Jawa Timur ada 1,1 juta hek­tare dan Jawa Tengah 1,6 juta hektare. Tetapi, kami tetap bang­ga Jawa Barat memiliki peran­ besar soal keberlangsungan pangan di Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Aher itu, saat menghadiri Hari Pangan Sedu­nia (HPS) ke-37 di Stadion Pakan­sari Cibinong, kemarin (9/11).

Aher memaparkan, hasil per­tanian terbesar di Jawa Barat me­liputi padi dan holtikultura, teh, unggas serta daerah peng­hasil kopi terbesar. Di balik pen­ca­paian itu, Aher juga mengi­ngin­kan petani Jawa Barat me­mili­ki kehidupan yang sejahtera.

Menurut Aher, jika kehidupan petani seluruhnya telah sejah­tera, setidaknya dapat me­motivasi generasi muda untuk turut serta terjun ke dunia perta­nian. Sebab, sangat berbahaya jika pertanian tidak digarap de­ngan baik. “Sehebat apa pun kemajuan ekonomi kita, makannya tetap dari hasil tani,” kata dia.

Pernyataan Aher diamini Ke­pala Badan Ketahanan Pangan pada Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI), Agung Hendriadi. Agung mengatakan, saat ini petani di Indonesia rata-rata berusia 50 tahun. Tentunya hal tersebut menjadi peringatan dan sangat berbahaya jika tidak ada gene­rasi penerus. “Berda­sarkan data statistik yang ada, saat ini kebanyakan petani usia­nya 50 tahun ke atas,” kata dia.

Di tempat yang sama, Bupati Bogor Nurhayanti mengaku bangga karena Bumi Tegar Beriman dipilih menjadi tuan rumah peringatan HPS ke-37 tingkat Jawa Barat. “Kita mengu­capkan terima kasih karena Kabupaten Bogor terpilih men­jadi daerah dalam peringatan HPS ini. Semoga ke depannya kita bisa berbenah diri dan menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.(rp2/c)