logo-radar-bogor

Para Pelajar Berprestasi dari SMAN 1 Gunung Putri

BERPRESTASI: Pelajar SMAN 1 Gunung Putri Diah Ayu (kanan) bersama guru olahraga M. Khairul dan Diego Ondriano Zico (kiri).

SMAN 1 Gunung Putri patut berbangga. Sebab, putra dan putrinya meraih prestasi di tingkat nasional pada bidang olahraga. Mereka adalah Diah Ayu Puspaningrum dan Sutan Diego Ondriano Zico yang merupakan anggota Timnas U-16.

Laporan:
Ismiatunnisa utami

Meski seorang perempuan, Diah mengaku sangat menggemari olahraga. Awalnya Diah bahkan tidak mendapat dukungan dari orang tua karena dipandang aneh, seorang perempuan bermain sepak bola.

“Saat saya kelas 8 SMP saya ikut liga futsal di tingkat Jabodetabek, dan izin ke orang tua dengan iming-iming kalau saya menang sertifikatnya bisa untuk mempermudah daftar di SMA. Akhirnya mereka mengizinkan. Kebetulan saya dan tim saat itu berhasil menjadi juara,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Perempuan kelahiran 21 Juni 2002 tersebut membeberkan, selama berlaga di liga futsal tersebut, prestasinya di bidang sepak bola perlahan meningkat.

Di liga se-Jabodetabek itu, Diah menjadi best player dan dilirik coach Adi yang kemudian diajak bergabung di SSB Gelora Muda Putri. Diah mengikuti seleksi mewakili Jawa Barat dan juara 3 event Piala Putri Nusantara di Jepara. Di sana dia bertemu coach Rully yang sedang mencari bibit-bibit untuk AFF.

Diah mengaku, setelah diajak coach Rully pada 30 Maret 2017 untuk mengikuti seleksi, akhirnya dia lolos dan resmi bergabung di Timnas Putri U-16. “Perasaannya waktu itu sangat bangga karena bisa mewakili Indonesia,” ungkapnya.

Putri dari Supini dan Pujiadi ini menjelaskan, kecintaannya pada olahraga sepak bola karena pengaruh lingkungan di sekitarnya yang kebanyakan laki-laki. “Mereka main bola, ya saya ikutan juga main bola. Kedua orang tua saya malah sama sekali tidak ada yang suka dan ahli di bidang olahraga,” jelas Diah.

Siswa kelas 10 yang menyukai mata pelajaran olahraga tersebut mengaku tidak kesulitan membagi waktu antara sekolah dan berlatih sepak bola. “Pesan buat teman-teman yang sedang berjuang meraih cita-citanya, jangan pantang menyerah, nggak apa-apa kita lihat contoh dari orang-orang hebat yang lain untuk mencari hal yang baiknya, tapi tetaplah jadi diri kita sendiri,” pesannya.

Selain Diah, Sutan Diego Ondriano Zico juga sukses menjadi atlet Timnas U-16 sejak Agustus 2017.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Gunung Putri, Ayep Rahmat mengatakan, SMAN 1 Gunung Putri selalu mendukung kegiatan siswa yang ingin mengem­bangkan potensi dirinya, terutama potensi soft skill. “Kami mendukung sepenuhnya kepada semua siswa yang berprestasi terhadap kebutuhan perkembangan dirinya,” jelasnya.

Ayep mengaku, SMAN 1 Gunung Putri selalu mempermudah siswa dalam rangka meningkatkan prestasi dalam rangka membawa nama baik sekolah dan tentunya kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional. “Kepada siswa-siswi di SMAN 1 Gunung Putri, teruslah berkreasi, berkarya dalam rangka meningkatkan potensi diri, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk meningkatkan prestasi di segala bidang,” pesannya.(/c)