Beranda Metropolis Gagas Robot Online Antikorupsi

Gagas Robot Online Antikorupsi

PRESTASI: Mahasiswa Fakultas Pertanian IPB Mar’ie Muhammad berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Esai Nasional di Yogyakarta.

Beda zaman beda tantangan. Saat ini zamannya generasi milenial, di mana peran teknologi masuk dalam gaya hidup manusia, tak terkecuali generasi muda. Menyadari perubahan itu, Mar’ie Muhammad, mahasiswa jurusan Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian IPB, membuat esai tentang bot line atau robot online yakni sistem mentoring secara online.

Laporan: RANY PUSPITASARI

IDE ini Mari’e presentasikan dalam lomba tingkatnasional di Yogyakarta dan berhasil meraih juara 1, akhir pekan lalu. Dalam lomba yang bertemakan “Optimalisasi Potensi Diri dalam Membangun Karakter Profetik untuk Mewujudkan Insan Muda Yang Religius Menuju Indonesia Emas 2045”, pemuda asal Lubuk Linggau Sumatera Selatan. merasa bangga dan menjadi pengalaman pertamanya meraih prestasi di tingkat nasional.

universitas nusa bangsa unb

“Bahwa sebenarnya ini merupakan kali pertama saya mengikuti kompetisi esai nasional. Sebelumnya saya hanya menjuarai lomba esai tingkat IPB,” ujarnya. Untuk mempersiapkan diri ke tingkat nasional, Mar’ie banyak belajar melalui wadah UKM Forces IPB dan program pembinaan mahasiswa dari Asrama Pondok Inspirasi IPB.

Setiap anggota (member) Pondok Inspirasi diwajibkan untuk melatih kemampuannya menulis sembari dibimbing oleh kakak-kakak senior yang berprestasi di dunia kepenulisan. Mari’e memberi judul esainya dengan “I-FM: Mentoring Karakter Profetik Terintegrasi Berbasis Akun Bot Line dalam MewujudkanPemimpinMuda Anti Korupsi 2045”.

Ide ini ia kembangkan bersama rekannya dari programpembinaan Pondok Inspirasi (salah satu asrama pembinaan mahasiswa) di IPB. Idenya adalah memperba- harui sistem mentoring yang selama ini digunakan menjadi berbasis digital.

Dengan metode I-FM, mentoring yang awalnya dilakukan secara langsung berubah melalui media sosial LINE. “Sebelumnyakita buat bot line ataurobotline yang telah didesain untukmembantu menyampaikan materi mentoring dan memonitoring karakter peserta mentoring.

Salah satu karakter yang termonitor adalah tingkat kejujuran yang diukur melalui tools game dalam LINE,” bebernya. Mari’e berharap idenya ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi nyata di kemudian hari Khususnya untuk menangkal maraknya kasus korupsi di Indonesia.(*/c)