25 radar bogor

Bogor-Yogyakarta bakal Bisa Lewat Kereta

BOGOR–Bagi warga Bogor yang akan ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api, ke depan tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta terlebih dahulu. Hal ini seiring dengan adanya proyek jalur ganda (double track) kereta api Bogor-Sukabumi dan reaktivitasi jalur rel Cianjur-Padalarang.

“Pada saatnya masyarakat dari Bogor yang mau ke Yogyakarta enggak perlu ke Jakarta. Jadi, bisa lewat sini (jalur lintas Bogor-Sukabumi-Cianjur- Padalarang),” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengatakan, untuk proyek double track kereta api Bogor-Sukabumi akan dimulai pada Desember 2017. Sementara untuk reaktivasi jalur kereta api yang sudah ada, lintas Cianjur- Padalarang, akan dilaksanakan pada 2018.

Dengan reaktivasi, tutur Budi Karya, maka jalur kereta api Bogor bisa sampai Bandung yang nantinya bisa diteruskan ke Yogyakarta. Sehingga, rutenya mulai dari Bogor-Sukabumi-Cianjur-Padalarang- Bandung. “Pada saat bersamaan kita membuat konektivitas dari Bogor-Bandung. Karena, selama ini Cianjur-Padalarang tidak terkoneksi dan kita lakukan reaktivasi,” ucap dia.

Budi Karya mengungkapkan, dua proyek tersebut memakan investasi sebesar Rp1,1 triliun. Adapun dananya berasal dari APBN secara tahun jamak atau multiyears. ”Kita targetkan, ini bisa tersambung 2020,” ucapnya.(wil/*)