Beranda Bogor Raya Selatan Aipda Maryono, Polisi yang Sukses Kembangkan Pertanian Desa

Aipda Maryono, Polisi yang Sukses Kembangkan Pertanian Desa

BERDIKARI: Aipda Maryono menunjukkan cabai yang ditanami warga.

Darah petani masih mengalir di tubuh Aipda ­Maryono, Bhabinkamtibmas Desa Cimande Ilir pada Polsek Caringin. Ia bahkan sukses menjadikan ­beberapa desa binaannya unggul di bidang pertanian.

Laporan:
Muhammad Aprian Romadhoni

Bagi Aa Yono, sapaan akrab­nya, perintah pimpinan dalam meng­amankan dan menertibkan suatu wilayah selalu dipegang teguh. Tak sampai di situ, pria kelahiran Bandung, 10 Februari 44 tahun silam itu juga memiliki jiwa pemberdayaan masyarakat.

universitas pakuan unpak

Dengan mengerahkan segala kemampuannya, ia mampu menjadi panutan warga desa. “Yang dibutuhkan oleh masyarakat justru pemberdayaan ketika melihat dari sumber daya yang ada,” ujarnya ditemui Radar Bogor, kemarin (08/11).

Yono mengakui, melakukan pemberdayaan pertanian karena melihat kondisi lingkungan. Banyak lahan yang tidak dimanfaatkan. Sementara di sisi lain, warga bersifat konsumtif dan kurang dalam mengem­bangkan sektor petanian.

Menurutnya, pertanian harus berkembang tidak hanya dalam satu komoditi. Misalnya, di wilayah setempat hanya mena­nam padi dan palawija. Padahal mampu menghasilkan tanaman seperti kembang kol, brokoli, cabai keriting, kacang merah, dan masih banyak lagi.

Kesuksesannya tidak terlepas dari latar belakang keluarga di Lembang yang berprofesi seba­gai petani. “Mulai dari pe­nye­maian,tata cara, sampai dengan packing wrapping karena panen itu,” ungkapnya.

Pembinaan yang ditekuni Yono sejak 2009 tersebut, sukses membawa peningkatan ekonomi warga desa. Yang sebelumnya tidak peduli pertanian jenis lain, kini cenderung ber­bondong-bondong belajar beberapa jenis tanaman.(*/c)