Beranda Pendidikan

SMPN 3 Ciawi Gunakan Metode Talaqqi

BERDOA: Siswa SMPN 3 Ciawi, Kabupaten Bogor, usai salat Duha berjamaah.

CIAWI–Dalam ajaran Islam, membaca merupakan perintah Allah SWT. Terutama membaca Alquran. Terdapat banyak ilmu yang bisa didapatkan. Untuk itu, SMP Negeri 3 Ciawi menerapkan kegiatan Literasi Plus. Kegiatan literasi ini merupakan kegiatan literasi dengan metode talaqqi.

Kepala SMPN 3 Ciawi, Lilik Suhartini mengatakan, metode talaqqi adalah sebuah cara belajar dan mengajar Alquran berhadapan langsung dengan guru. “Jadi ini dilakukan setiap hari sekolah, kecuali Senin. Setiap paginya, jika sebelumnya siswa kelas 7-9 hanya salat Duha, kini ditambah membaca Alquran bersama di lapangan sekolah selama 30 menit,” ujar Lilik kepada Radar Bogor, kemarin (07/11).

Lilik berharap, dengan membaca Alquran ini mampu meningkatkan karakter anak lewat pendidikan spiritual. Sebab, dalam Alquran diajarkan banyak sekali nilai-nilai kebaikan.

“Dengan ini, diharapkan siswa mampu membaca Alquran dengan baik dan benar, secara bertahap, dimulai dari surat-surat pendek menuju ke hapalan keseluruhan.Diharapkan juga, siswa mampu memahami isi kandungan Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Lilik.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini sudah berlangsung di sekolah selama dua minggu hingga hari ini (07/11). “Sebelumnya, memang sudah ada kegiatan literasi umum, 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar murid membaca buku yang mereka bawa, itu tetap dilakukan, ditambah sekarang membaca Alquran bersama setelah salat Duha,” bebernya.

Menurut Lilik, kegiatan ini juga diharapkan mampu menyeimbangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan iman dan takwa siswa SMPN 3 Ciawi.
“Sekolah ingin menciptakan siswa yang berkarakter baik. Menurut saya karakter itu dapat dibangun dengan kegiatan religi seperti ini,” harapnya.(cr1/c)

Baca Juga