25 radar bogor

Keren, Praktisi Pemerintahan yang Jadi Panutan

MEMBANGGAKAN: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), meraih penghargaan pada kategori Praktisi Pemerintahan.Ilustrasi

JAKARTA-Masyarakat Ilmu Pemerintah Indonesia (MIPI), tahun ini memberi penghargaan kepada para pelaku pemerintah yakni praktisi, ilmuan, dan pemerhati pemerintah. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), meraih penghargaan pada kategori Praktisi Pemerintah.

“Terimakasih kepada MIPI, dewan juri, semuanya yang telah memilih, kami persembahkan award ini untuk birokrasi, untuk masyarakat, untuk kebaikan pemerintah kita. Ketika yang memberikan penghargaan adalah MIPI, kami akan memandang ini adalah paling riil, spesifik, paling khas karena orang-orangilmu pemerintahan memberi penghargaan kepada praktisi, ilmuan, dan pemerhati pemerintahan,” ungkap Gubernur Ahmad Heryawan usai kegiatan penerimaan pengahrgaan MIPI Award 2017, di Jakarta, belum lama ini.

Aher mengaku dirinya termotivasi untuk terus membangun bangsa. Selalu perubahan ke arah kebaikan lah yang diupayakan. Adapun yang menjadi tekadnya, yakni ingin menghadirkan pemerintah dengan rezim yang berorientasi pada kemaslahatan publik.

“Pokoknya pemerintah itu adalah kemaslahatan publik, bagi publik maslahat, bagi publik baik,itulah pemerintah,” tegasnya.

Namun Aher mengeluhkan, saat ini niat mewujudkan kemaslahatan umat dengan ilmu pemerintah, kadang terbentur dengan akuntansi pemerintah, yang kadang menghambat proses birokrasi.

Terlebih sambung Aher, di era transformasi digital saat ini, maka sebuah permasalahan perlu tindakan yang cepat, dengan inovasi terintegrasi yang juga terdigitalisasi.

“Kita sedang membangun, kta terus membangun, dan jangan henti membangun, dan jangan bosan membangun,” kata Gubernur Aher.

Berbicara tentang kepemimipinan, Aher pun mengatakan, bahwa sampai saat ini masyarakat Indonesia pada umumnya masih tergantung kepda ‘figur’ atau sosok untuk dijadikan panutan. Begitu pula pada pemerintah, dibutuhkan figur sentral atau pemimpin yang mampu menunjukan kinerja pemerintah yang baik.

Maka lanjut Aher, imbaunya kepada masyarakat, sangatlah penting memilih kepala daerah yang memiliki visi-misi yang jelas. Supaya cita-cita suatu pemerintahan di daerah tertentu dapat berjalan dengan baik.