Beranda Bogor Raya Cibubur Perpindahan Warga ke Wilayah Cibubur, Tambah 500 Jiwa per Tahun

Perpindahan Warga ke Wilayah Cibubur, Tambah 500 Jiwa per Tahun

TERPADU: Pembangunan di kawasan Cibubur yang masih terus akan membuat wilayah ini besar.

Jika dilihat sejarahnya, Cibubur merupakan kawasan yang cukup luas di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Wilayahnya asri dikelilingi perkampungan. Namun, saat ini Cibubur sudah bukan lagi sebuah sejarah semata. Namanya meluas hingga menembus tiga kota dan kabupaten.

Perkembangan zaman yang mengubah segalanya di Cibubur saat ini. Perumahan, hotel, apartemen, pusat per­belanjaan, semua tersedia di Cibubur. Fasilitas yang ada pun mampu menarik masyarakat untuk datang. Tak sekadar singgah, namun menetap.

Banyaknya perumahan yang ada di kawasan Cibubur, jadi istana baru bagi para pendatang untuk bermukim. Dari sekian banyak perumahan yang ada, rata-rata meng­alami pertambahan pendu­duk lima persen setiap tahun.

universitas nusa bangsa unb

Di Kota Wisata misalnya, peru­mahan dari pengembang PT Sinar Mas Land ini mengalami kenaikan jumlah penduduk yang cukup signifikan. Tahun lalu, Kota Wisata memiliki sekitar 55.000 jiwa yang tinggal di sana.

“Tahun ini, berdasarkan data terakhir ada sekitar 60 ribuan jiwa. Kalau dibandingkan tahun lalu, naik sekitar 5 persenan. Lima persen berarti sekitar 5.000 jiwa,” jelas Head Estate PT ­Sinarmas Land Kota Wisata Cibubur, Hogeny, saat diwa­wan­carai kemarin.

Berarti, tambah Ho­geny, ada kenaikan tiap tahun mencapai lima persen, atau sekitar tiga sampai lima ribu jiwa (sesuai luas peru­mahan, red).
Kota Wisata berdiri di atas lahan seluas 470 hektare dan dipenuhi sekitar 3.000 lebih rumah berbagai tipe. Secara kewilayahan, Kota Wisata berada di teritorial Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Bersebelahan dengan Kota Wisata, masih dengan pengembang yang sama, Legenda Wisata Cibu­bur juga jadi incaran berkediaman di wilayah ini. Yang datang bukan hanya dari warga Kabupaten Bogor, juga dari Jakarta, Bekasi, dan Depok. Hampir serupa dengan perumahan di Kota Wisata, saat ini Legenda Wisata juga dipenuhi hunian yang memanjakan dengan segala fasilitas. Sebanyak 3.500 jiwa bahkan sudah ber­diam diri di Legenda Wisata.

“Tahun lalu hanya sekitar 3.250 jiwa. Peningkatan ini cukup terlihat seiring perkembangan di wilayah Cibubur saat ini,” beber Head Section PT Sinarmas Land Legenda Wisata Cibubur, Husni Thamrin.

Husni memaparkan, banyak fasilitas yang ada di Legenda Wisata saat ini. Dari mulai pusat per­belanjaan besar, water park, driving golf, hingga sekolah swasta bertaraf tinggi. Hal tersebut juga yang membuat masyarakat berbondong-bondong datang.

Hal yang sama pula terjadi di perumahan elite lainnya di kawasan Cileungsi, yaitu Citra Indah Cibubur. Perumahan yang berdiri di atas lahan seluas lebih dari 1.000 hektare tersebut, kini dihuni sekitar 20 ribu kepala keluarga (KK) atau lebih dari 40.000 jiwa. Naik hampir 5 persen dari sebelumnya, yang hanya memiliki 34.000 jiwa.

Kenaikan tersebut juga dikarenakan beberapa harga rumah yang ditawarkan lebih murah. “Ada Bukit Cordia, sekarang ini ada 300 sampai 700 unit di sembilan tipe rumah. Sejak di-launching 19 Juli lalu, sekarang masih tersisa sebanyak 35 persen. Cordia ini lebih banyak yang mencari karena harganya cukup murah hanya dari Rp152 juta,” jelas Promotion Citra Indah City, Fienso Suharsono pada Radar Cibubur.

Di sisi lainnya, ada dua kecamatan di Kabupaten Bogor yang sering disebut wilayah Cibubur, yaitu Gunung Putri dan Cileungsi. Sementara, ada satu kecamatan yang berada di Kota Bekasi yaitu Kecamatan Jatisampurna, Kecamatan Cimanggis di Kota Depok, dan tentunya Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabu­paten Bogor mencatat, hanya ada 271.362 jiwa yang merupakan penduduk asli di Kecamatan Gunung Putri, dan 256.383 jiwa penduduk asli di Kecamatan Cileungsi. (dka/d)