Beranda Nasional Jadikan Kota Bersih-Sehat

Jadikan Kota Bersih-Sehat

BOGOR–Program Water Sanitation Hygiene (WASH), mendukung lingkungan Kota Bogor menjadi lebih bersih dan sehat. KSPPS Baytul Ikhtiar pun kini mencanangkan produk Penyediaan Air dan Sanitasi Syariah (PASS) yang diresmikan Wali Kota Bogor Bima Arya, kemarin (04/11) di Lapangan Bola BSI Kampung Cikondang, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

Program sanitasi tersebut, sudah dimulai dari 2016. Kota Bogor menjadi salah satu yang menjadi target awal dari program peluncuran sanitasi ini. Realisasi dari program sanitasi untuk cabang Kota Bogor per September, bahkan sudah 240 kepala keluarga yang  melakukan akses pembiayaan  sanitasi.

“Kehadiran kami semoga menjadi salah satu alternatif masyarakat yang selama ini menjadi kendala bagi Dinas Kesehatan ketika sudah melakukan penyuluhan penyadaran ke masyarakat.

universitas pakuan unpak

Namun, soal solusi pengajuan atau membutuhkan biaya untuk membangun sanitasi dari mulai kamar mandi sampai septic tank, itu masih dalam kendala,” tutur Ketua Pengurus Koperasi Baytul Ikhtiar, Latif Efendy.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, untuk mencapai universal akses air 2019, upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor saat ini adalah mengkaji 100 persen  sumber air. Karena, lanjutnya, yang terpenting adalah kualitas.

Menurutnya, kesehatan sangat mahal, ikhtiar dari Pemerintah Kota Bogor adalah mengarahkan program diarahkan agar Kota Bogor menjadi kota sehat, bergerak warganya, sehat kotanya.(cr6/c)