Beranda Metropolis Tarif Bus Premium Kemahalan

Tarif Bus Premium Kemahalan

BOGOR–Keberadaan bus TransJabode­tabek Premium yang baru diujicobakan tiga hari lalu (31/10), disambut baik warga Kota Bogor yang bekerja di Jakarta. Hanya saja, tarif Rp35 ribu masih terasa mahal bagi sebagian penumpang.

“Saya berharap bus ini berlanjut, jangan sampai hanya diujicobakan saja, karena ini sangat membantu. Mungkin tarifnya juga bisa dituruni supaya bisa menjaring lebih banyak penumpang,” ujar Meta (43), penumpang bus TransJabodetabek Premium, kemarin.

Ia sudah mencoba bus pre­mium ini sejak pertama kali diluncurkan, saat pulang (Jakar­ta ke Bogor). Terhitung sampai kemarin, ia sudah menggunakan bus ini empat kali. Pasalnya, kehadiran bus ini memang sudah lama ia tunggu. “Saya sudah menunggu lama ada bus ini, pas ada saya senang banget,” ujar pegawai swasta tersebut.

universitas nusa bangsa unb

Ia menuturkan, sebelumnya ia berangkat kerja ke Ratu Plaza, Jakarta dengan menggu­nakan kereta listrik ( KRL), mengingat waktu tempuh yang cepat. Meski sebenarnya, ia memang lebih nyaman memakai bus jika tidak macet dan bisa sampai ke kantor tepat waktu. Terlebih, fasilitas dari bus premium ini lengkap, ada wifi dan charger handphone.

Penumpang lainnya, Christa Briliantina (30) mengaku baru pertama kali mencoba bus premium. Ia mengetahui bus ini dari Instagram Wali Kota Bogor Bima Arya. Menurut pegawai BPK ini, meski baru pertama kali, ia sudah terkesan dengan kondisi bus yang bersih dan fasilitas bus yang lengkap, sehingga sangat cocok untuk pegawai kantoran.

“Kalau ini targetnya untuk mengurangi penggunaan mobil, dan bus ini bisa lebih cepat, saya rasa akan banyak pemi­natnya. Apalagi jika terus disosialisasikan,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menyempatkan mencoba bus premium tersebut pada pemberangkatan pukul 06.00 kemarin. Ia menga­takan, waktu tempuh bus ini hanya sekitar 100 menit dari kebera­ngkatan Pool Damri Botani Square pukul 06.00 WIB. Di hari ketiga ini, penum­pang sudah bertambah, dari awalnya hanya 3–4 penum­pang, kemarin sudah mencapai 15 penumpang. “Kami optimis penumpang akan bertambah. Kami juga akan terus sosialisasi lewat media, terutama media sosial,” pungkasnya.

Ada­pun, rute uji coba Trans­Jabodetabek Premium Bogor–Senayan yaitu, berangkat dari Bogor masuk gerbang tol Bogor, Exit Semanggi, Jalan Gatot Subroto, Jalan Jenderal Sudir­man, U-Turn, Jalan Jen­deral Sudirman, Jalan Pintu Gelora 1, Jalan Asia Afrika dan jalan akses Sentral Senayan (titik akhir). Sedangkan rute dari Sena­yan dimulai dari jalan akses Sentral Senayan, Jalan Asia Afrika, Jalan Jenderal Sudir­man, Bundaran Senayan, Jalan Gatot Subroto, Entrance GT Semanggi 2 dan Exit Bogor.(wil/*)