Beranda Olahraga All Sport Manchester City Tinggal Jaga Posisi

Manchester City Tinggal Jaga Posisi

SELEBRASI: Para pemain Manchester City merayakan kemenangan atas Napoli di Liga Champion

INGGRIS–Manchester City berhasil menjaga kesempurnaan di Grup F Liga Champions 2017-2018. Pada matchday 4, Kamis (2/11) dini hari WIB, tim asuhan Josep Guardiola itu mampu menang 4-2 di markas Napoli, Stadion San Paolo.

Dengan kemenangan tersebut, Man City mengoleksi 12 angka dari 4 laga dan memastikan tiket babak 16 besar. Sebenar­nya hasil seri di kandang Napoli cukup membawa The Citizens –julukan Man City– melaju ke fase knock-out. Tapi, seperti­nya Sergio Aguero cs ingin bisa terus meraih kemenangan demi berada di puncak klasemen.

Kini, David Silva cs tinggal menja­ga posisi agar tetap berada di puncak. Mereka masih bisa tergeser oleh Shakhtar Donetsk yang berada di posisi kedua dengan nilai 9 poin. Maklum saja, fase grup masih menyisakan dua laga dan pada matchday pemu­ng­kas, Man City bertandang ke markas Shakhtar.

universitas nusa bangsa unb

Man City sendiri sempat grogi di San Paolo pada awal laga. Maklum saja, pada kunjungan pertama ke markas Napoli, Man City kalah 1-2 pada 2011-2012 silam. Selain itu, lawatan Man City ke tanah Italia juga kurang gemilang.

Itu membuat permainan Man City mudah terbaca Napoli pada awal laga. Hingga akhirnya pada menit 21, Lorenzo Insigne membawa Napoli unggul 1-0 usai memanfaatkan umpan dari Dries Mertens.
Hanya saja, Man City cepat dalam merespons. Mereka seolah dibangunkan lewat gol Insigne. Pada menit 34, Nicolas Otamendi menyamakan kedudukan setelah sundulannya meneruskan umpan Ilkay Gundogan mengoyak jala gawang Pepe Reina. Skor menjadi 1-1 dan bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Man City mampu unggul cepat. Lagi-lagi Reina ditaklukkan lewat sundulan dan giliran John Stones yang melakukannya. Dia meneruskan umpan Leroy Sane. Man City berbalik unggul 2-1.

Upaya I Partenopei untuk mencetak gol balasan membuahkan hasil pada menit 62. Jorginho mampu menunaikan tugasnya dalam mengeksekusi penalti. Skor menjadi imbang 2-2.

Hasil imbang sebenarnya sudah membawa Man City ke babak 16 besar. Hanya saja, motivasi mereka dari awal adalah terus menjaga kesempurnaan di fase grup. Itu membuat Man City terus menggem­pur pertahanan Napoli. Pada menit 69, Sergio Aguero berhasil membawa Man City memimpin 3-2. Dan, pada masa injury time, Raheem Sterling menambah keunggulan menjadi 4-2.

Skor 4-2 bertahan hingga laga berakhir. Man City pun melaju ke babak 16 besar. Sementara itu, posisi Napoli semakin kritis. Mereka memang masih punya peluang lolos, namun butuh hasil dari Shakhtar. Selain itu, Napoli juga harus selalu menang dalam dua laga sisa, termasuk saat menjamu Shakhtar. Di satu sisi, Shakhtar hanya butuh hasil seri untuk mendampingi Man City.

Dalam laga ini, satu gol Aguero membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak di Man City pada semua ajang. Dia telah mengoleksi 178 gol dari 264 laga. Aguero melewati rekor Eric Brook yang mengoleksi 177 gol.

“Kami tahu Liga Champions, ketakutan kuat, semua orang ingin melewatinya, hanya fokus pada apa yang harus Anda lakukan di lapangan,” kata manajer Man City, Pep Guardiola seperti dilansir Telegraph. “Kami memiliki skuat yang bagus,” imbuhnya.(jpg/dkw)