25 radar bogor

Cegah Keracunan, Kwarnas Gandeng BPOM

TEKEN MoU: Perwakilan Kwarnas Pramuka dan BPOM Pusat usai menandatangani kerja sama, kemarin. ANDIKA/RADAR CIBUBUR
TEKEN MoU: Perwakilan Kwarnas Pramuka dan BPOM Pusat usai menandatangani kerja sama, kemarin. ANDIKA/RADAR CIBUBUR

CIBUBUR–Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melakukan penandatanganan kerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kerja sama ini untuk menyiapkan anggota Gerakan Pramuka menjadi kader keamanan pangan.

Seperti yang diketahui, kasus keracunan ratusan siswa saat berkemah di Cibubur beberapa pekan lalu, masih menyisakan luka bagi dunia Pramuka. Dengan begitu, selektivitas pangan bagi setiap kegiatan Pramuka akan semakin terkendali.

“Kerja sama ini dalam bentuk membantu BPOM untuk mengawasi obat dan makanan, tapi kami lebih pada pangan sehat. Untuk mengawasi itu, anggota Gerakan Pramuka akan dilatih oleh BPOM,” kata Marbawi di sela-sela kegiatannya.

Marbawi melanjutkan, kerja sama ini sangat baik, sehingga Gerakan Pramuka baik secara SDM maupun jejaring siap mendukung. Apalagi, ia menilai, masih ditemukan makanan tidak sehat, terutama untuk anak-anak di sekolah.

“Kami ingin generasi besok itu juga sehat. Kontribusi Pramuka di situ, di SDM-nya, di sekolah atau gugus depan. Hal ini untuk menyiapkan 2045 Indonesia juara dunia,” imbuhnya.

Dalam rangka itu, Marbawi menambahkan, Kwarnas Gerakan Pramuka akan menyinergikan Tim Siber Pramuka dan tagline yang selama ini sudah populer bagi anggota Gerakan Pramuka se-Indonesia, Setiap Pramuka adalah kantor berita.

Setiap Pramuka dengan gadget-nya masing-masing bisa melaporkan jika ditemukan pangan berbahaya beredar di masyarakat.

Terpisah, Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito mengapresiasi kerja sama ini. Sebab, kata dia, pekerjaan pengawasan terhadap obat dan pangan tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan segenap elemen masyarakat.

“Kami mengawasi tidak bisa berdiri sendiri. Pengawasan ini harus dilakukan lintas sektoral. Membangun kemitraan dengan yang lain, dengan seluruh komponen bangsa sangat penting sekali,” terang Lukito

Menurutnya, Gerakan Pramuka memiliki potensi besar. Pramuka generasi milenial bersama-sama BPOM akan melakukan berbagai aksi pengawasan untuk melakukan perlindungan terhadap masyarakat,” pungkasnya.(dka/c)