Beranda Bogor Raya Cibinong Bupati: Kepala Desa Jangan Takut!

Bupati: Kepala Desa Jangan Takut!

SOSIALISASI: Bupati Bogor Nurhayanti memberikan arahan kepada para kepala dinas.

CIBINONG–Pasca penan­datanganan nota kesepahaman atau memorandum of undes­tanding (MoU) antara Polri, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa Pem­bangunan Daerah Tertinggal dan Transmi­grasi RI terkait penga­wasan dana desa (DD), bupati Bogor bersama Polres Bogor segera menindak­lanjuti­nya. Para kepala desa se-Kabupaten Bogor akan dikum­pulkan untuk diberi pemahaman agar terkait pengawasan dari kepolisian terhadap DD.

“Kami kerja sama dan sosialisasi. Intinya kami terus berikan pemahaman agar dana desa yang turun sesuai dengan sasaran dan tujuannya,” ujar Bupati Bogor Nurhayanti kepada Radar Bogor.

Saat ini dirinya tengah meren­canakan untuk mengumpulkan para kepala desa untuk segera menyosialisasikannya. Sebab pengawasan yang dilakukan kepolisian bukan untuk menakut-nakuti para kepala desa.

universitas pakuan unpak

“Undang-undang menekankan, kenapa mesti takut? Saya kira kades di Kabupaten Bogor baik-baik semua dan saya bangga dana desa itu betul-betul bermanfaat, salah satunya jalan lingkungan jadi bagus,” tuturnya.

Terkait penolakan dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) terhadap pengawasan yang dilakukan kepolisian, Nurhayanti me­ngung­kapkan, jika para kepala desa melaksanakan amanahnya sesuai dan trans­paran maka tidak perlu ada kekhawatiran apalagi ketakutan.

Sebab polisi tidak akan mela­ku­kan penindakan hukum apabila tidak ditemukan kegan­jilan apalagi sampai penyele­wengan. “Saya lebih menekan­kan Bhabinkamtib­mas itu beker­ja­ sama untuk saling menjaga agar dana desa itu benar-benar terimp­lementasi­kan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky menu­turkan sebenarnya yang melakukan pengawasan bukan Bhabin­kamtibmas melainkan masyarakat. Tetapi apabila ada program yang sudah dianggarkan oleh kepala desa lalu tidak ada pengerjaannya, masyarakat bisa melakukan pelaporan ke Bhabinkamtibmas. Sehingga Bha­binkamtibmas yang menda­patkan laporan akan segera melakukan pengecekan.

“Intinya masyarakat menge­tahui secara transparan berapa dana desa dan apa saja perun­tuk­kannya. Kalau kades menja­lankan amanahnya dengan baik kenapa takut? Jadi tidak usah khawatir,” tukasnya.(rp2/c)